September 21, 2024
10 Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia Tahun 2024 Versi EduRank

10 Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia Tahun 2024 Versi EduRank

0 0
Read Time:3 Minute, 17 Second

JAKARTA – Memilih perguruan tinggi merupakan keputusan penting yang menentukan masa depan. Bagi mereka yang ingin bekerja di bidang infrastruktur dan pembangunan, jurusan teknik sipil mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan teknik sipil terbaik.

EduRank, platform pemeringkatan pendidikan ternama, telah menerbitkan daftar 10 universitas terbaik di Indonesia tahun 2024 dengan jurusan teknik sipil terbaik.

Berikut 10 Universitas dan Keunggulannya: 1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Didirikan pada tahun 1959, kampus ITB terletak di Bandung dan dikenal sebagai salah satu universitas teknik terbaik di Indonesia.

Berdasarkan EduRank 2024, ITB berada di peringkat 117 se-Asia dan 432 dunia.

Departemen Teknik Sipil ITB memiliki reputasi yang sangat baik dalam hal kurikulum yang komprehensif, dosen yang berpengalaman dan fasilitas yang lengkap. Lulusan teknik sipil ITB telah mengerjakan berbagai proyek infrastruktur strategis di Indonesia.2. Universitas Gajah Mada (UGM)

Didirikan pada tahun 1949, kampus UGM di Yogyakarta memiliki fakultas teknik yang unggul, termasuk Jurusan Teknik Sipil.

Berdasarkan EduRank 2024, UGM berada pada peringkat 169 di Asia dan 610 secara global.

Departemen ini menawarkan berbagai program studi seperti Ilmu Bangunan, Transportasi dan Sumber Daya Air. UGM juga aktif dalam penelitian dan pengembangan ilmu teknik sipil agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu-ilmu terkini. Universitas Indonesia (UI)

Didirikan pada tahun 1950, kampus UI yang terletak di Depok merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan jaringan alumni yang luas.

Menurut EduRank 2024, User Interface berada di peringkat 186 di Asia dan 662 secara global.

Departemen Teknik Sipil UI fokus pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Lulusan Teknik Sipil UI siap berkontribusi dalam pembangunan lingkungan yang sehat. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Kampus IPB yang berdiri sejak tahun 1963 dan berlokasi di Bogor ini terkenal dengan keahliannya di bidang pertanian dan teknologi pangan. Namun Departemen Teknik Sipil IPB University juga sama-sama terakreditasi.

Berdasarkan EduRank 2024, IPB berada pada peringkat 189 se-Asia dan 682 secara global.

Departemen ini fokus pada pembangunan infrastruktur di bidang pertanian seperti irigasi, jalan pedesaan dan bangunan pendukung pertanian. Universitas Dipongoro (Undip)

Didirikan pada tahun 1957, Kampus Undip Semarang memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Berdasarkan EduRank 2024, Undip berada di peringkat 283 Asia dan 911 dunia.

Departemen Teknik Sipil Undip menawarkan program studi yang lengkap seperti Struktur, Transportasi dan Geoteknik 6. Institut Teknologi Sepuluh Nov (ITS)

Didirikan pada tahun 1960, kampus ITS yang terletak di Surabaya ini terkenal dengan penekanannya pada teknologi dan sains.

Berdasarkan data EduRank 2024, IPB berada pada peringkat 283 di Asia dan 911 secara global.

Departemen Teknik Sipil ITS mempunyai keunggulan pada Teknologi Rekayasa Pesisir dan Kelautan. Lulusan teknik sipil ITS dipersiapkan untuk bekerja di proyek infrastruktur kelautan seperti pembangunan pelabuhan, pemecah gelombang, dan reklamasi pantai. Universitas Siaya Kuala (USK)

Didirikan pada tahun 1961 di Banda Aceh, USK merupakan universitas negeri ternama di Aceh.

Berdasarkan EduRank 2024, Unsyah berada di peringkat 320 Asia dan 985 dunia. Universitas Sables Mart (UNS)

Didirikan pada tahun 1976, kampus UNS yang terletak di Surakarta memiliki komitmen yang kuat terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan EduRank 2024, UNS berada di peringkat 370 se-Asia dan 1091 dunia.

Departemen Teknik Sipil UNS fokus pada pembangunan infrastruktur di wilayah Solo dan sekitarnya. Departemen ini juga aktif menjalin kerjasama dengan industri sehingga mahasiswa mempunyai kesempatan untuk menjalani peminatan dan bekerja di perusahaan ternama. Universitas Bravia (UB)

Didirikan pada tahun 1963, kampus UB di Malang merupakan salah satu universitas terbesar di Jawa Timur dengan reputasi yang baik.

Berdasarkan EduRank 2024, UB menduduki peringkat 393 se-Asia dan 1148 dunia.

Jurusan Teknik Sipil UB fokus pada pembangunan infrastruktur di Jawa Timur dan sekitarnya. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Makassar, Unhas merupakan universitas ternama di Indonesia bagian timur dengan jaringan alumni yang luas.

Berdasarkan EduRank 2024, Unhas berada pada peringkat 404 se-Asia dan 1170 secara global.

Departemen Teknik Sipil Unhas fokus pada pembangunan infrastruktur di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Masa pendaftaran Pemilihan Rektor UI 2024-2029 diperpanjang hingga 10 Agustus.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link