September 21, 2024
All New Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Jadi Pesaing Honda CR-V Hybrid di RI

All New Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Jadi Pesaing Honda CR-V Hybrid di RI

0 0
Read Time:2 Minute, 10 Second

Jakarta – Hyundai Santa Fe anyar bakal memasuki pasar Indonesia, generasi baru Hyundai Santa Fe kabarnya akan ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Artinya, sekitar dua bulan lagi SUV (Sport Utility Vehicle) terbaru Hyundai akan hadir di RI, seiring dengan digelarnya pameran otomotif tahunan pada 18-28 Juli 2024.

Sebelum resmi dijual di Indonesia, Hyundai Santa Fe generasi terbaru ini sudah menjalani proses pengujian dan kerap terlihat kamera mengabadikannya dalam balutan kamuflase.

SUV ini memiliki desain yang terbilang radikal dibandingkan versi sebelumnya yang masuk ke Indonesia pada tahun 2021. Eksteriornya yang berbentuk kotak dengan banyak lekukan patah di setiap sudutnya sungguh menarik perhatian.

Bodinya sekilas terlihat kaku, mirip Land Rover atau SUV pasar Amerika yang cenderung bongsor dan berani. Lampu utamanya adalah proyektor LED yang dilengkapi DRL (Daytime Running Lights).

Meski terlihat besar, namun panjangnya tidak melebihi Palisade, hanya 4.830 milimeter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm. Namun lebih panjang 45mm, lebih tinggi 10mm, dan jarak sumbu roda lebih panjang 50mm dari versi sebelumnya.

Ada dua pilihan SUV asal Korea Selatan ini di pasar global. Pertama, ada mesin bensin Theta III 2.500cc turbo bertenaga maksimal 281 hp dan torsi 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sementara pilihan lainnya dibuat ramah lingkungan dengan memadukan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik bernama hybrid. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Jika versi hybrid hadir di Indonesia, maka New Honda CR-V e;HEV bakal punya persaingan serupa meski punya kapasitas mesin lebih besar. Namun belum ada informasi mengenai versi baru Santa Fe yang akan beredar di pasaran.

Meski tidak menutup kemungkinan Santa Fe Hybrid memiliki potensi penjualan yang besar. Sejalan dengan tujuan PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) untuk memperkenalkan produk ramah lingkungan, selain mengandalkan mobil listrik baterai.

“Namun, saat ini saya belum bisa memastikan apakah Santa Fe akan memiliki versi hybrid atau tidak. Yang pasti kami fokus pada mobil listrik, kata Chief Marketing Officer PT HMID Budi Nur Mukmin kepada wartawan, Senin, 27 Mei 2024.

Sebelumnya, salah satu tenaga penjualan diler Hyundai mengatakan konsumen yang berminat dengan produk terbarunya kini bisa melakukan reservasi karena peluncuran resminya akan dilakukan di GIIAS 2024.

“Jika Anda tertarik dengan Santa Fe terbaru, Anda bisa memesannya sekarang. “Harganya pasti berubah dari model sekarang, banyak perubahannya,” kata salah satu dealer harfam.co.id Automotive yang enggan disebutkan namanya. Momen Chery Permalukan BYD dan pendatang baru China lainnya, Chery yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun lalu dikalahkan oleh merek baru China yang pertama kali hadir di GIIAS 2024, terutama dalam hal pesanan lebih banyak harfam.co.id .co. id 6 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link