September 21, 2024
PPDB Temui Banyak Masalah, Ombudsman Kantongi 700 Aduan

PPDB Temui Banyak Masalah, Ombudsman Kantongi 700 Aduan

0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia memantau pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Bahkan, hingga saat ini Ombudsman sudah menerima 700 laporan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Mochamad Najih, Ketua Ombudsman Republik Indonesia. Ia mengatakan pihaknya tengah memantau pelaksanaan PPDB 2024.

Baca juga: Jalur Zonasi Reguler PPDB Yogyakarta 2024 Dibuka, Berikut Aturan dan Cara Daftarnya

Ombudsman memantau aspek pengaduan masyarakat terkait PPDB, antara lain dugaan penyimpangan prosedur, tidak terlaksananya pelayanan, penundaan yang lama, tuntutan ganti rugi dan lain sebagainya, kata Najih, Rabu (26/06/2024).

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, kata Najih, Ombudsman RI menerima 700 laporan pengaduan masyarakat terhadap pelaksanaan PPDB. Pengaduan masyarakat sebagian besar berupa pelanggaran prosedur yang mengakibatkan masyarakat tidak diberikan informasi kepada PPDB.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Jalur Zonasi Khusus dan Normal di PPDB Jawa Tengah 2024

“Secara nasional sudah sekitar 700 (laporan),” kata Najih.

“(Laporan tersebut antara lain) adanya kejanggalan prosedur di PPDB, tidak adanya layanan PPDB, dan penundaan yang lama,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengabarkan pihaknya menyoroti kecurangan yang masih terulang di PPDB 2024.

Hingga 20 Juni 2024, berdasarkan laporan pengaduan dan pemantauan JPPI, terkumpul 162 kasus yaitu penipuan tanda di jalur penindakan (42%), manipulasi KK di jalur zonasi (21%) dan transfer (7%), serta ketidakpuasan orang tua dalam hal persetujuan (11%).

Selain itu, dugaan gratifikasi (19%) juga dilaporkan melalui dua jalur ilegal yaitu layanan jual beli spot dan layanan insider deposit.

Ubaid mengatakan berbagai kejadian yang terjadi merupakan hal yang rutin dan terjadi setiap tahunnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link