September 21, 2024
Latihan Akbar Ratusan Penari Menuju Pertunjukan Kolosal dan Spektakuler Pagelaran Sabang Merauke

Latihan Akbar Ratusan Penari Menuju Pertunjukan Kolosal dan Spektakuler Pagelaran Sabang Merauke

0 0
Read Time:3 Minute, 44 Second

harfam.co.id, Jakarta Gladi bersih “Sabang Merauke 2024 Performance” Broadway Indonesia resmi dimulai pada 19 Juni di LPP Agro Nusantara, Yogyakarta. Pertunjukan ini melibatkan 225 penari dari Aceh hingga Papua. Para penari akan menjalani program latihan intensif untuk mempersiapkan pertunjukan besarnya.

Pertunjukan bertema “Pahlawan Nusantara” ini akan memadukan tari tradisional dan modern serta musik modern dan tradisional yang diselenggarakan oleh Dian HP dan diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra serta paduan suara berbakat Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children Choir yang disutradarai oleh Avip Priatna.

Artis Tanah Air lainnya juga ikut serta dalam perayaan besar ini, seperti Isyana Sarasvati, Yura Yunita, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Alicia Hartono, Gabriel Harvianto, Swain Mahisa, Yan Joshua, Risang Janur Wendo, Mugiyono Kasido dan Indra Bekti, salah satu seniman asal Indonesia.

Yogyakarta dipilih sebagai pusat pelatihan penari Indonesia Broadway “Pertunjukan Sabang Merauke” karena pertunjukan ini pertama kali diadakan di Candi Prambanan, sehingga kota ini mempunyai nilai sejarah dan emosional yang besar terhadap pertunjukan ini.

Awal pelaksanaan latihan massal ditandai dengan peniupan terompet dan doa bersama memohon keberkahan serta persiapan yang baik hingga acara berlangsung. Hal ini ditandai dengan pemberian tumpeng dari F. Aming Santoso, Presiden Direktur dan CEO iForte Group dan Protelindo, kepada Rusmedie Agus, Direktur Sabang Merauke Performance The Indonesian Broadway, Silvi Liswanda, Executive Producer PSM serta Wakil Presiden Direktur dan Deputy CEO iForte kepada Sandhidea Cahyo Narpati yang merupakan koreografer pertunjukan Sabang Merauke.

F. Aming Santoso, Executive Chairman dan CEO iForte dan Protelindo Group, mengungkapkan antusiasmenya terhadap latihan besar ini. “Kami sangat senang melihat dimulainya Grand Rehearsal “Sabang Merauke Performance” Broadway Indonesia, dimana penting untuk mempertemukan para penari dari seluruh Indonesia dan bekerja sama untuk mempersiapkan pertunjukan yang spektakuler dan bertaraf internasional. Kami tidak hanya meningkatkan kemampuan menari, tetapi juga memperkuat kecintaan dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia.”

 

Dalam proses pelatihan ini, ditampilkan tokoh-tokoh ternama Indonesia yang mempunyai posisi dan pengalaman khusus di bidang tari seperti Pulung Jati Ronggo, Dian Bokir, Eka Lutfi Febriyantono, Bening Krisna, Rizky Amalia, Erine Fatmawati, Stella Aurellia, Juli Sandra dan O Sandhidea Cahyo Narpati saat para vokalis bekerja sama menciptakan drama akbar yang penuh kejutan.

Sandhidea Cahyo Narpati menjelaskan tantangan dalam “Sabang Merauke Performance” Broadway Indonesia tahun ini: “Apalagi tahun ini, tantangannya pasti lebih banyak. Luar biasa dan seru dengan jumlah penarinya. Dari Aceh hingga Papua, festival ini menjanjikan keindahan dan harmoni yang tiada pernah terlihat sebelumnya.”

Broadway Indonesia “Sabang Merauke Performance” diadakan tidak hanya untuk menghibur namun juga untuk mengedukasi masyarakat dan generasi muda tentang perekonomian budaya Indonesia. Tema tahun ini tetap menjadi Pahlawan Indonesia. Pada pementasan tahun lalu, sang kakek mengajari putranya berbagai budaya dan pengetahuan tentang pahlawan Indonesia.

Tahun ini, sang cucu menginspirasi dirinya dan teman-temannya dengan membagikan ajaran dan pesan kakeknya untuk mengenal, mencintai, dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Selanjutnya ada penambahan 27 penari Broadway Indonesia “The Audition – Sabang Merauke Performance” dari Aceh hingga Papua yang akan membawa perspektif baru dan memperkaya pertunjukan tahun ini.

 

Sutradara “Sabang Merauke Performance” Rusmedie Agus menyampaikan semangatnya kepada para penari dalam latihan besar ini: “Hari ini, kami menutup barisan dan bertekad untuk menyatukan hati, serta menghidupkan kembali energi baik yang akan disebarkan kepada penonton pada pertunjukan. Proses ini merupakan perjuangan yang diawali dengan kerja keras, dedikasi dan tekad yang tiada henti. Penari bukan hanya seniman tetapi juga tokoh budaya. Mereka berada di garda terdepan, berjuang melestarikan warisan budaya Indonesia. Saya yakin energi dan semangat yang kita bangun bersama akan meninggalkan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir.

Silvi Liswanda, CEO PSM sekaligus Vice President, Direktur dan Wakil CEO iForte, mengungkapkan harapannya: “Perasaan cinta terhadap Indonesia menjadi landasan kokoh yang mendorong kami untuk terus menggelar pertunjukan Sabang Merauke “The Indonesian Broadway” hingga saat ini. latihan yang hebat tidak hanya tentang kesatuan tari, tetapi juga tentang menyatukan kekuatan cinta tanah air yang terbaik. Lebih dari 30 proyek terlibat dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, meskipun pelatihan ini membutuhkan banyak tenaga dan tenaga kali ini diharapkan para penari tetap bahagia dan jika semuanya berjalan baik disini maka kita semua mengemban misi penting yaitu mempromosikan dan merayakan keberagaman budaya indonesia dengan memberikan hiburan yang luar biasa pada acara ini.

Pelatihan ekstensif penari ini merupakan langkah penting dalam “Pertunjukan Sabang Merauke” Broadway Indonesia yang dipersembahkan oleh iForte dan BCA, yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024 di JIEXPO Convention Center & Theater Kemayoran Jakarta. Dengan semangat dan dedikasi yang besar, para penari dan penyanyi berusaha menciptakan pertunjukan yang spektakuler dan bermakna untuk mengangkat kebudayaan Indonesia ke tingkat global.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link