September 21, 2024
Aki Sepeda Motor Mudah Soak? Ini 10 Penyebab dan Solusinya

Aki Sepeda Motor Mudah Soak? Ini 10 Penyebab dan Solusinya

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

Jakarta, 20 Maret 2024 – Pernahkah Anda mengalami mogok di jalan karena aki sepeda motor Anda tiba-tiba mati atau kehabisan daya? Hal ini tentu dapat membuat frustasi dan mengganggu aktivitas.

Ternyata banyak faktor yang menyebabkan aki sepeda motor mudah mati, bukan hanya karena aki saja yang habis. Berikut 10 penyebab dan solusinya dikutip harfam.co.id Otomotif dari laman Suzuki Indonesia:

1. Beban berlebihan pada baterai. Terlalu banyak aksesori listrik dapat menguras baterai. Periksa volume bateraitage dengan semua aksesori menyala (normalnya lebih dari 13.8V).

2. Periksa sambungan ground yang buruk, sambungan antara rangka dan aki (pastikan tidak ada korosi, karat dan pengencang tersambung dengan benar).

3. Hubungan pendek pada sekring Periksa semua sekring menggunakan multimeter (ganti sekring yang rusak dengan nilai ampere yang sama).

4. Pematian mesin yang tidak tepat. Sebelum melepas kunci kontak, pastikan sepeda motor dalam keadaan mati total 100% (periksa lampu dashboard).

5. Regulator tegangan mulai aus. Periksa regulator dan alternator secara berkala (terutama untuk perjalanan jauh).

6. Hilangkan kebocoran pada rangkaian kabel negatif aki dan ukur dengan menggunakan multimeter (nilai normal = 0). Jika nilainya lebih besar dari 0, periksa kembali sistem kelistrikan.

7. Stator Bermasalah Periksa stator secara berkala (segera perbaiki atau ganti jika sudah aus).

8. Lindungi baterai dari panas berlebih dan getaran dengan menambahkan pelindung termal.

9. Bagian aki yang terkorosi Lepas aki dari sepeda motor dan bersihkan seluruh bagiannya. Periksa kabel yang terhubung ke baterai (pastikan tidak terkorosi).

10. Masa pakai baterai terlalu lama. Gantilah baterai yang masa pakainya telah meningkat (rata-rata 2-3 tahun). Resmi Dijual di RI, Ini Harga Kawasaki Ninja ZX-25RR HUT ke-40. Hari ini PT Kawasaki Motor Indonesia resmi memperkenalkan motor barunya yang diberi nama Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary. harfam.co.id.co.id 8 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link