September 21, 2024
Kisah Pedagang Kimono Sozaemon Okada Sukses Bangun Mal Berusia 200 Tahun

Kisah Pedagang Kimono Sozaemon Okada Sukses Bangun Mal Berusia 200 Tahun

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

harfam.co.id, Jakarta Ada banyak pusat perbelanjaan ternama di seluruh Indonesia, terutama di wilayah seperti Jabodetabek. Salah satu mall tersebut adalah AEON Mall. Mall ini sendiri memiliki enam cabang yang tersebar di Jakarta hingga Depok.

Namun tahukah Anda kalau mall ini sebenarnya berasal dari luar Indonesia dan berusia lebih dari 200 tahun? Mari kita lihat ceritanya.

Sejarah awal AEON

AEON dimulai ketika Sozaemon Okada mendirikan toko pada tahun 1758 di sebuah kota di Jepang bernama Yokkaichi. Toko bernama Shinoharaya ini awalnya menjual bahan kimono dan aksesoris.

Toko ini terus berkembang hingga berganti nama menjadi Okadaya untuk menghormati keluarga Okada yang membuka toko ini. Pada tahun 1926, di bawah pengelolaan Soemon Okada, toko ini resmi terdaftar sebagai usaha retail bernama Toko Kain Kimono Okadaya, yang kemudian berganti nama menjadi Okadaya pada tahun 1959. 

Di sisi lain, Kazuichi Futagi membuka toko bernama Futagi Clothing Store di Himeji pada tahun 1937 dan berkembang menjadi perusahaan besar bernama Futagi pada tahun 1949. Selain itu, Jiro Inoue membuka perusahaan bernama Iida di Toyonaka, yang kemudian berganti nama menjadi Shiro pada tahun 1949.1955. 

Pada tahun 1968, Takuya Okada kembali dari perjalanan ke Amerika dengan membawa inspirasi untuk bisnis ritelnya. Dia berbagi inspirasinya dengan Kazuichi Futagi dan memulai proses fusi pada Mei 1968.

Sebulan setelah kejadian ini, Jiro Inoue mendengar tentang merger tersebut dan menyatakan minatnya untuk bergabung, sehingga Okadaya, Futagi, dan Shiro bergabung menjadi Jusco Co. pada tahun 1969. Ltd, yang kemudian berubah nama menjadi AEON Co. pada tahun 2001. Ltd. 

AEON melakukan ekspansi ritel pertamanya secara internasional ketika membuka pusat perbelanjaannya di Plaza Dayabumi di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 1984. Atas permintaan Perdana Menteri Malaysia saat itu, Dr. Tun Mahathir Mohammad, AEON, memasuki pasar ritel Malaysia dan mendirikan Jaya Jusco Stores SDN BHD bersama dengan perusahaan ritel Singapura bernama Cold Stores dan tiga perusahaan ritel lainnya. Saat ini terdapat 62 mal AEON di seluruh Malaysia. 

Sedangkan AEON memasuki pasar Indonesia pada tahun 2015 dengan dibukanya AEON Mall BSD City di Kabupaten Tangerang, Banten. Mall ini diresmikan oleh Gubernur Banten saat itu yaitu Rano Karno.

Pasca dibukanya AEON Mall di BSD City, semakin banyak lagi AEON mall yang dibuka di Indonesia, salah satunya berlokasi di Cikarang Jawa Barat, dimana cabang mall ini merupakan mall terbesar di Asia Tenggara.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link