September 21, 2024
7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

Air Zamzam yang mengalir dari sekitar Ka’bah dan sudah ada sejak zaman Nabi Ismail diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya orang yang bersenandung itu diberkati, sesungguhnya makanan itu bergizi.” (Shahih Muslim: 6513)

Dalam hadits lain juga dikatakan “Zamzam itu sesuai dengan niat orang yang meminum airnya”.

Informasi dalam hadis di atas telah dibuktikan secara ilmiah belakangan ini. Hasil penelitian para ilmuwan dunia mengungkap banyak fakta menarik tentang air Zamzam, seperti dirangkum dalam Life in Saudi Arabia, Senin (3/6/2024):

1. Bebas patogen

Air jamjam telah terbukti bebas dari kotoran atau mikroorganisme seperti bakteri, virus atau jamur. Dalam percobaannya diambil beberapa sampel, disentrifugasi dan diletakkan pada cawan kultur agar media tidak menunjukkan adanya koloni bakteri.

2. Mengurangi asam urat

Air Zamzam juga terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sifat basa air mungkin menjadi faktor penyebabnya. Universitas Heidelberg melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa meminum Zamzam menurunkan kadar asam urat darah (p<0,05). Ini dapat diuji sebagai agen terapi untuk asam urat.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian selama tiga bulan menunjukkan bahwa meminum air Jamjam secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

4. Efek pengobatan antijamur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Katsina di Nigeria, air Zamzam menunjukkan sifat antijamur yang mirip dengan obat antijamur.

5. Tidak ada pertumbuhan bakteri

Menurut Journal of Pure and Applied Microbiology, tidak ada bukti adanya pertumbuhan biologis pada sampel air Zamzam.

6. Kaya akan mineral

Air zamzam mengandung banyak mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, vanadium, besi, seng, kobalt, tembaga, molibdenum dan natrium. Studi ini dilakukan oleh Kota Raja Abdulaziz untuk Sains dan Teknologi.

7. Sifat antitumor

Zamzam menunjukkan sifat anti tumor seperti yang dipelajari oleh Advanced Science Letters. Air ini menunjukkan efek antioksidan, anti tumor, anti depresan dan anti kecemasan, yang semuanya merupakan agen terapi melawan kanker.

Sebelum meminum air Zamzam, peneliti menganjurkan umat Islam membaca doa khusus. Menurut pemberitaan di situs resmi NU, tata cara sebelum meminum air Jamzam adalah dengan membaca Jamzam, berdoa, meminum air Jamzam tiga teguk, dan menghirupnya di sela-sela teguk.

Berikut Doa Minum Air Zamzam dari Mitra Ibnu Abbas RA Diriwayatkan Imam Ad-Droqatani: Allahuma ini asluqa ilman nafiyan, warizkan wasian, wasifan min kuli din.

Artinya, “Ya Allah, semoga ilmunya bermanfaat, rezekinya banyak, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Sementara itu al-Bujirimi juga mengutip doa air Zamzam dari sahabat Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan oleh Ad-Darkotani: “Sahabat Ibnu Abbas RA shalat sambil meminum air Zamzam, ‘Allahuma inni asluqa’ ilman nafaizan, wa’.” wa syifā’an min kulli da’in,’ (Al-Buzairimi: 2006 M/1426-1427 H: II/447-448).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link