September 21, 2024
Bos OpenAI: GPT-5 bakal Seperti Otak Virtual yang Bisa Berpikir

Bos OpenAI: GPT-5 bakal Seperti Otak Virtual yang Bisa Berpikir

0 0
Read Time:2 Minute, 44 Second

harfam.co.id, Jakarta – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan seluk-beluk GPT-4 yang baru dirilis dan rencana masa depan GPT-5.

Altman menjelaskan sifat kecerdasan buatan yang terus berkembang dan dampak besar yang ditimbulkannya pada bidang interaksi manusia dan pemrograman.

Ia mengatakan kebangkitan Artificial Intelligence (AI) akan membuat manusia mendambakan interaksi manusia. Ia yakin industri pemrograman akan sangat menjanjikan dalam 12 bulan ke depan.

Gizchina, dikutip Minggu (19/5/2024), pria kelahiran 22 April 1985 ini meyakini GPT-5 bisa berperan sebagai ‘otak virtual’ yang membantu pengguna menyelesaikan berbagai tugas.

“Apakah ada model dasar seperti ‘otak visual’ yang dapat menunjukkan kedalaman ‘kemampuan berpikir’ dalam beberapa kasus? Atau kita dapat mengeksplorasi model yang berbeda, tetapi pengguna tidak peduli dengan perbedaan di antara keduanya. Jadi menurut saya kita sana. Saya masih mencari cara untuk menjual produk ini,” kata Altman.

Di sisi lain, ia menegaskan kemunculan GPT-4o bukanlah keputusan yang cepat, melainkan akhir dari kemajuan teknologi dan penelitian selama bertahun-tahun.

Perjalanan OpenAI mencakup eksplorasi ekstensif model audio dan video berskala besar, menyempurnakan metode pelatihan, dan meningkatkan kemampuan integrasi model.

Pendekatan bijaksana ini menggarisbawahi komitmen OpenAI untuk mendorong batas-batas kemampuan AI melalui inovasi dan pengembangan berkelanjutan.

 

Diskusi Altman tentang GPT-5 mewakili perubahan paradigma dalam praktik kecerdasan buatan.

Hal ini menunjukkan bahwa GPT-5 dapat bertindak sebagai ‘otak virtual’ untuk membantu pengguna dalam berbagai tugas.

Berbeda dengan pendahulunya (GPT-4), GPT-5 diharapkan memberikan pengalaman unik dan revolusioner yang akan mendefinisikan kembali pemahaman umum tentang model AI.

Antisipasi Altman terhadap fitur unik GPT-5 menandai perubahan signifikan dari konvensi penamaan konvensional, dan mewakili langkah maju yang revolusioner dalam teknologi AI.

Sebelumnya, OpenAI memperkenalkan model baru GPT-4 mereka, GPT-4o, dengan peningkatan signifikan dalam kecepatan dan kemampuan pengenalan teks, penglihatan, dan audio.

Dalam pengumuman langsung pada Senin malam, 13 Mei 2024, CTO Opanoy Meera Murati mengatakan GBT-4O tersedia gratis untuk semua pengguna.

“Pengguna berbayar memiliki kapasitas lima kali lipat dibandingkan pengguna gratis,” kata Meera.

Pada Selasa (14/5/2024), alat obrolan baru GPT ini akan dirilis secara bertahap, dimulai dengan kemampuan teks dan gambar yang dirilis hari ini di ChatGPT, menurut postingan blog perusahaan.

Sam Altman, CEO OpenAI, multimodel berdasarkan GPT-4o. Artinya chatGPT dapat menghasilkan konten atau memahami perintah dari suara, teks, atau gambar.

Bagi pengembang yang ingin mencoba GPT-4o, perusahaan bisa mendapatkan akses ke API dengan setengah harga dan dua kali lebih cepat dari GPT-4 Turbo, kata Sam Altman di X.

 

Rencananya sebagian besar fitur mode suara ChatGPT akan menjadi bagian dari model baru. Aplikasi GPT-4o ini berfungsi sebagai asisten suara seperti di film “Her”.

Selama demo, aplikasi mampu merespons secara real time dan memantau dunia di sekitar Anda. Mode suara ChatGPT masih terbatas hanya merespons satu perintah dalam satu waktu, dan berfungsi dalam mode dengar saja.

CEO OpenAI juga percaya bahwa visi awal perusahaannya untuk menciptakan segala jenis manfaat bagi dunia telah berubah seiring berjalannya waktu.

Sebelum peluncuran GPT-4o hari ini, laporan tersebut menyarankan agar OpenAI akan mengumumkan mesin pencari AI untuk menangani Google, asisten suara di GPT-4, atau model baru dan lebih baik, GPT-5.

Pengumuman tersebut disampaikan sehari sebelum Google I/O, untuk mengintensifkan persaingan di dunia AI, di mana Google disebut-sebut akan membeberkan banyak fitur baru di Gemini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link