September 21, 2024
Ibu Hamil Jalani Puasa Ramadhan, Ini Tips biar Enggak Mual

Ibu Hamil Jalani Puasa Ramadhan, Ini Tips biar Enggak Mual

0 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

harfam.co.id, Jakarta – Kehamilan merupakan masa yang spesial bagi seorang wanita. Di balik kebahagiaan tersebut, tak jarang ibu hamil mengalami berbagai rasa nyeri, salah satunya rasa mual.

Mual saat hamil atau yang dikenal dengan istilah Morning Sickness biasanya terjadi pada trimester pertama. Namun mual juga bisa terjadi pada trimester berikutnya. 

Hal ini juga menjadi tantangan bagi ibu hamil yang memutuskan untuk tetap berpuasa di bulan Ramadhan. Rasa mual ini mungkin akan lebih terasa saat puasa karena perut puasa dan perubahan hormonal pada ibu hamil.

Sebelum memutuskan berpuasa, sebaiknya ibu hamil memeriksakan kehamilannya terlebih dahulu ke dokter, seperti dijelaskan dr Andrew Putranagara, SpOG, dalam siaran langsung Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Kamis, 14 Maret 2024. 

“Sebelum berpuasa, ada baiknya ibu yang sedang hamil atau ingin hamil berkonsultasi, tujuannya untuk mengetahui apakah ada penyakit penyerta yang kita sebut sebagai faktor risiko.”

Andrew juga menjelaskan, tidak ada batasan trimester bagi ibu hamil yang ingin berpuasa. Asalkan Anda memeriksakan diri ke dokter dan tidak memaksakan keadaan.

Lalu, bagi ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa, ada banyak tips mengatasi atau mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil. Hal ini akan sangat membantu kelancaran puasa dan kenyamanan ibu hamil. 

Mual pada ibu hamil, meski biasa terjadi, terkadang membuat ibu bingung. Pasalnya, rasa mual bisa datang kapan saja dan disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengatasi mual secara efektif, penting untuk mengetahui apa penyebabnya.

Andrew mengatakan penyebab mual yang paling umum adalah kurang istirahat.

“Penyebab umum dari kegelisahan, kegelisahan yang terus-menerus dapat memicu rasa mual. ​​Lainnya, seperti bau atau parfum, cuaca panas, lingkungan yang bising atau melelahkan.”

Di atas merupakan penyebab rasa mual pada ibu hamil. Jadi sebaiknya ibu hamil dan suami mengharapkan item-item di atas bisa mengurangi rasa mual saat berpuasa.

Mengetahui penyebab umum mual memudahkan ibu hamil untuk terhindar dari rasa mual.

Bagi ibu hamil yang mengalami mual, menyikat gigi bisa menjadi salah satu cara mengurangi rasa mual. Pasalnya, menyikat gigi dapat membantu membersihkan bakteri dan plak di mulut yang dapat menyebabkan bau mulut dan mual.

Andrew mengatakan, “menyikat gigi, bagi sebagian ibu hamil, dapat mengurangi rasa mual dan muntah.” 

Jangan langsung berbaring setelah makan

Cara lain untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil adalah dengan tidak langsung berbaring setelah makan. Berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa mual.

Andrew berkata: “Setelah makan, jangan langsung duduk. Setidaknya 20 atau 30 menit untuk duduk atau, misalnya, dulu.”

Pasalnya, waktu pencernaan di saluran cerna ibu hamil menjadi lebih singkat karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan hingga tuntas dan tidak menimbulkan rasa mual.

 

Jahe merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi rasa mual. Jahe mengandung gingerol, shogaol dan zingerone yang memiliki efek antiemetik, membantu menghentikan mual dan muntah.

Bagi ibu hamil yang merasa mual terutama saat puasa, mengonsumsi jahe bisa menjadi pilihan untuk mengurangi rasa mual. Andrew berkata: “Yang ditunjukkan adalah dia bisa makan permen jahe, atau wedang ronde, misalnya.”

Ramuan jahe ini bisa dikonsumsi pada pagi hari atau saat berbuka puasa.

Konsumsi suplemen B6 sesuai anjuran dokter Anda

Salah satu tips mengatasi mual pada ibu hamil saat puasa adalah dengan mengonsumsi vitamin B6. Vitamin B6 diketahui mampu mengurangi rasa mual dan muntah, terutama pada trimester pertama.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi suplemen B6 harus sesuai anjuran dokter. 

Jika ibu hamil masih mengalami mual dan muntah setelah mencoba beberapa tips di atas, disarankan untuk menghubungi dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link