September 21, 2024
Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

Purvakarta, 7 Desember 2023 – PLTS Terapung Serata merupakan PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara dan ketiga di dunia. PLTS ini dibangun di Waduk Serata, Jawa Barat dan mampu menyuplai listrik ke sekitar 50.000 rumah.

PLTS Terapung Cirata merupakan proyek kolaborasi antara PT PLN Nusantara Power milik pemerintah Indonesia dan grup energi terbarukan Masdar yang berbasis di Abu Dhabi.

PLTS ini menggunakan teknologi terdepan dari perusahaan global ABB di bidang ketenagalistrikan dan otomasi. Mereka berhasil memasang, menguji, dan menjalankan switchgear berisolasi udara primer tegangan menengah dengan kapasitas 192 megawatt puncak (MWp), sekitar 30 kali lipat kapasitas pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Eropa.

Jangkar dan tambatan yang digunakan mencapai kedalaman 100 meter, terdalam di dunia. Keberadaan PLTS terapung ini diharapkan dapat menghindari 214.000 ton emisi karbon dioksida per tahun.

“Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini, yang tidak hanya strategis bagi pemerintah Indonesia, namun juga memberikan sinyal positif bagi perekonomian global lainnya,” kata Ken Yap, Wakil Presiden Komersial Bisnis Elektrifikasi ABB di Indonesia. Demikian keterangan resmi harfam.co.id Tekno.

PLTS Terapung Cirata menghadirkan tenaga listrik yang andal, efisien, dan bersih. PLTS ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca sehingga dapat membantu Indonesia mencapai target energi terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Selain itu, PLTS Terapung Cirata juga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat. PLTS ini menciptakan lebih dari 1.400 lapangan kerja selama proses konstruksi.

Pemerintah Indonesia berencana menambah 60 instalasi PV terapung lainnya, seperti pembangkit listrik Serata, untuk mencapai target energi terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya terapung dengan bantuan 100 waduk dan 521 danau alami yang tersebar di seluruh tanah air.

PLTS Terapung Sirata merupakan proyek kunci dalam upaya mencapai target energi terbarukan bagi Indonesia. PLTS ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut di masa depan. B50, bukti pemerintah menjamin ketersediaan energi namun tetap memperhatikan lingkungan, pemerintah terus berupaya menjamin ketersediaan energi dan kemudahan akses energi bagi masyarakat. harfam.co.id.co.id 18 Agustus 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link