September 21, 2024
Jauhi Anak dari Tindakan Kriminal, Orang Tua Diimbau Lakukan Ini

Jauhi Anak dari Tindakan Kriminal, Orang Tua Diimbau Lakukan Ini

0 0
Read Time:50 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Polisi mengimbau para orang tua menjaga hubungan baik dengan anaknya. Hal ini penting untuk menjauhkan anak dari kemungkinan tindakan kriminal.

“Ajarkan anak untuk mengungkapkan pikirannya dan mengungkapkan pikiran serta perasaannya kepada orang lain.”

Menurutnya, peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak, sehingga jika diberi kesempatan mengungkapkan perasaannya, anak akan berani mengatakan tidak. Termasuk ajakan teman-teman untuk memerangi narkoba dan tindak kriminal lainnya, ujarnya.

Sedangkan jika anak tidak diberi kesempatan tersebut, ia akan tumbuh dengan sukarela dan menerima ajakan negatif dari temannya. “Menolak ajakan teman adalah hal yang tidak baik, padahal yang dilakukan tidak baik. Itu sangat mengkhawatirkan para orang tua,” ujarnya.

Ia mengatakan hubungan orang tua-anak yang buruk dapat menyebabkan anak melakukan hal-hal negatif dan hubungan tersebut perlu ditingkatkan. “Dekat dengan anak dan menjalin hubungan dua arah dengan anak dapat menghindari tindakan negatif yang berujung pada kejahatan,” ujarnya. Termasuk seringnya konflik, menurutnya memerlukan peran semua pihak untuk mencegah aksi tersebut terulang kembali dan berdampak buruk bagi mereka.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link