September 21, 2024
6 Akibat Pakai Headset Terlalu Lama, Bisa Kehilangan Pendengaran

6 Akibat Pakai Headset Terlalu Lama, Bisa Kehilangan Pendengaran

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

JAKARTA – Akibat penggunaan headphone dalam jangka panjang dapat berdampak pada gangguan kesehatan, yang paling fatal adalah gangguan pendengaran.

Isu penggunaan headphone ini tersebar di media sosial setelah dua warganet mengalami gangguan pendengaran. Hal itu terungkap melalui akun @constructivismn.

Ternyata selain penyakit diabetes (akibat produk manis seperti boba, kopi, minuman kemasan lainnya), masalah kesehatan generasi muda (saat ini) di masa depan adalah gangguan pendengaran, bukan? tulis akun @constructivismn.

Akun tersebut juga mengatakan bahwa diasumsikan tidak ada seorang pun yang bisa menggunakan headphone jenis TWS dalam waktu lama pada waktu tertentu. Beberapa waktu kemudian, seorang netizen pria dengan akun @fariskodel pun menceritakan apa yang dialaminya.

“Iya, tahun 2020 saya tiba-tiba tuli di telinga kiri. Saat itu kantor sedang ramai, WFH jam kerja diperpanjang. Sehari pakai headphone +12 jam dan berbulan-bulan. Selasa (13/08/2024) @fariskodel berkata: “Tiba-tiba suatu pagi telinga kiri saya terasa seperti ada sesuatu yang menutupinya.”

FYI, tuli mendadak adalah hilangnya pendengaran secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan penyebabnya, baik secara tiba-tiba maupun dalam beberapa hari.

Alasan penggunaan headphone berlebihan 1. Resiko komplikasi pendengaran/gangguan pendengaran

Seperti yang telah disebutkan, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik keras dalam jangka waktu lama dapat membuat sel rambut menjadi lebih sensitif. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen.

Hal ini juga dirasakan oleh pengguna netizen @fariskodel yang ternyata mengalami gangguan pendengaran berat, dimana telinga kirinya tidak dapat mendengar suara pada rentang frekuensi 90dB.

2. Infeksi telinga

Infeksi telinga sering terjadi karena penggunaan headphone dalam waktu lama. Karena penggunaan alat ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan juga memindahkan bakteri orang lain ke dalam telinga jika digunakan.

3. rasa pusing

Meningkatnya tekanan di saluran telinga akibat suara keras juga bisa menyebabkan pusing. Oleh karena itu, terkadang Anda mungkin merasa pusing setelah menggunakan headphone dalam waktu lama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link