September 21, 2024
Usman Kansong Bantah Mundur dari Dirjen IKP Kominfo karena Tekanan

Usman Kansong Bantah Mundur dari Dirjen IKP Kominfo karena Tekanan

0 0
Read Time:2 Minute, 29 Second

harfam.co.id, Jakarta – Direktur Utama IKP Kominfo Osman Kangsong mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya setelah tiga tahun menjabat. Osman menyebut dirinya pernah menjabat sebagai Dirut IKP selama tiga tahun sebagai alasan pengunduran dirinya.

Menurutnya, organisasi memerlukan kesegaran. Selain itu, Osman Kangsong juga menyebut dirinya bisa menunaikan tugasnya mengabdi pada Indonesia meski tanpa memegang jabatan publik.

Usman pun membantah rumor pengunduran dirinya karena tekanan dan campur tangan pihak lain.

“Tidak ada tekanan dari luar, ini keinginan saya pribadi dan saya diskusikan dengan Sekjen Komunikasi dan Informatika (Mira Taiyaba) dan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Nezar Patria), juga sebelumnya dengan Menteri (Menkominfo) . ) Budi Eri Setiadi), kata Osman Kangsong di Kantor Kominfo Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Osman mengatakan pengunduran dirinya sebagai Dirut IKP karena alasan pribadi yang tidak bisa diungkapkan ke publik. “Itu sesuatu yang pribadi dari dalam diri saya,” katanya.

Osman mengatakan tawaran pengunduran dirinya sebagai Dirut IKP Kominfo sudah disampaikan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Eri Setiadi sejak pekan lalu.

Pengunduran diri tersebut ia ajukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika pada 13 Agustus 2024 atau sehari sebelum mengumumkan pengunduran dirinya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Osman Kansong berkata: “Ya, tentu saja saya menyerahkan surat pengunduran diri saya dan menteri membacanya. ‘Jika ini yang diinginkan Pak Osman, apa lagi yang Anda inginkan’ dan kemudian menerima pengunduran diri saya.”

Osman Kansong, Direktur Jenderal IKP (Dirjen Informasi dan Keterbukaan Publik) Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan mundur dari jabatannya. Osman mengundurkan diri setelah tiga tahun menjabat CEO IKP Kominfo.

Dalam jumpa pers, Rabu (14/08/2024), Osman Kansong mengatakan dirinya dilantik pada 10 Agustus 2021. Osman menyebut alasan pengunduran dirinya sebagai Dirjen IKP Kominfo. Tiga tahun lagi dan ada kebutuhan untuk menyegarkan diri.

Meski menilai 3 tahun tidak cukup untuk mengabdi pada Indonesia, namun Osman dalam pengunduran dirinya mengatakan, mengabdi pada Indonesia bisa dilakukan dari mana saja tanpa harus menduduki jabatan pemerintahan.

“Saya diangkat menjadi Irjen IKP Kominfo pada 10 Agustus 2021. Jadi hari ini tepat 3 tahun 4 hari sejak saya bekerja di bidang humas. Seseorang bisa mengabdi dan mencintai Indonesia dimanapun,” kata Osman dalam pidatonya. “Oleh karena itu, saya mengundurkan diri sebagai Irjen IKP Kominfo efektif tanggal 13 Agustus 2024,” ujarnya dalam keterangan pers.

Selain itu, Osman Kansong mengatakan akan terus bekerja sama dengan masyarakat di luar pemerintahan.

Terkait pengunduran dirinya, Usman mengatakan organisasinya perlu pembaharuan.

 

Pada saat yang sama, Osman juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak, termasuk Presiden Joko Widodo yang telah mengangkatnya menjadi Dirjen IKP berdasarkan perintah presiden.

Osman juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, serta para CEO Cominfo lainnya serta kementerian dan lembaga yang bekerja sama.

Osman juga meminta maaf karena mengundurkan diri saat Indonesia sedang melakukan pekerjaan kehumasan. Misalnya saja terkait HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN dan Jakarta, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, PON Medan dan Aceh, Pilkada 2024, dan lain-lain.

Soal penggantinya, Usman berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menunjuk pegawai baru untuk menjalankan fungsi tersebut. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link