September 21, 2024
Ini Kekuatan Gempa Megathrust yang Diprediksi Akan Guncang Jepang Minggu Ini

Ini Kekuatan Gempa Megathrust yang Diprediksi Akan Guncang Jepang Minggu Ini

0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

TOKYO – Gempa megathrust di Palung Nankai Jepang diperkirakan akan terjadi pada pekan ini dan diperkirakan akan meluas hingga ke Indonesia. Seperti halnya Indonesia, Jepang adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia, terletak di “Cincin Api” Pasifik, sebuah busur gunung berapi dan parit-parit besar.

Namun di sisi lain, masih banyak masyarakat yang penasaran dengan apa yang disebut dengan gempa megathrust dan seberapa besar dampaknya jika fenomena alam tersebut terjadi.

Memahami gempa megathrust

Peristiwa megathrust adalah jenis gempa bumi yang terjadi di wilayah pertemuan dua lempeng tektonik dan salah satu lempeng meluncur di bawah lempeng lainnya.

Gempa bumi ini disebabkan oleh perubahan besar pada zona megathrust, dimana terjadi peningkatan tekanan akibat pergeseran lempeng sehingga menyebabkan gempa bumi kuat dan seringkali menimbulkan tsunami.

Zona megathrust sendiri merupakan sebutan untuk sumber gempa tumbukan lempeng pada kedalaman dangkal. Proses terjadinya gempa megathrust dimulai ketika lempeng samudera menunjam ke bawah lempeng benua sehingga menyebabkan terbentuknya zona subduksi.

Tekanan yang terbentuk di antara kedua lempeng dapat menyebabkan gesekan yang secara tiba-tiba melepaskan energi dalam bentuk gempa bumi dahsyat.

Dampak gempa Megathrust

Biasanya gempa megathrust berkekuatan besar dan dapat menimbulkan kerusakan besar, terutama jika terjadi di dekat permukaan laut karena dapat menimbulkan tsunami yang merusak.

Menurut laman gempa, zona subduksi menyebabkan gempa bumi terbesar di planet ini, yang disebut “megathrust” ketika gempa mencapai magnitudo 9. Guncangan ini melepaskan energi seribu kali lebih besar daripada gempa berkekuatan 7 skala Richter.

Megathrust terbesar yang tercatat terjadi di Valdivia, Chili, yang berkekuatan 9,5 skala Richter pada tahun 1960.

Selain itu, ada gempa terkenal yang terjadi di Tohoku, Jepang pada tahun 2011. Gempa ini berkekuatan 9,0 dan menimbulkan tsunami besar yang menimbulkan kerusakan besar di sepanjang pantai timur Jepang dan menimbulkan bencana global di Fukushima.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link