September 21, 2024
Urus STR dan SIP Semakin Mudah Lewat Mal Pelayanan Publik Digital

Urus STR dan SIP Semakin Mudah Lewat Mal Pelayanan Publik Digital

0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

harfam.co.id, Jakarta: Perizinan seperti Surat Tanda Registrasi (STR), Satuan Kredit Profesi (SKP), dan Surat Izin Praktek (SIP) kini bisa diproses melalui Mal Digital Pelayanan Publik (MPP). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan hal itu dimungkinkan karena SATUSEHAT SDM telah terintegrasi dalam layanan perizinan.

Terima kasih kepada Pak KemenpanRB yang membantu mengintegrasikan sistem perizinan STR, SIP dan SKP dengan MPP Digital, kata Menteri Kesehatan Budi saat berbicara pada peresmian MPP Digital di Jakarta, Kamis (7/3).

Data terintegrasi tersebut meliputi data STR, bukti kesesuaian SKP, serta data lokasi kantor dari SATUSEHAT SDM Kementerian Kesehatan, dengan layanan perizinan dari MPP Digital.

Dengan integrasi ini, petugas kesehatan dan tenaga medis dapat mengajukan permohonan izin di satu tempat sehingga proses perizinan menjadi lebih mudah, efisien, dan transparan.

“Dengan sistem ini kita ingin sederhana, murah dan transparan. Tidak perlu lagi ada biaya tambahan, tidak perlu ada rekomendasi lagi, tidak perlu lagi pengajuan di sana-sini,” kata Menkes MPP Digital Kesehatan hadir dalam 60 kabupaten/kota.

Lebih lanjut Menkes menyampaikan, MPP Digital hadir di 60 kabupaten/kota dan telah membantu sekitar 2 juta tenaga kesehatan dalam pengurusan izin.

Secara khusus, Menkes Budi mendorong MPP Digital segera diperluas ke seluruh kabupaten/kota untuk memudahkan tenaga medis dan tenaga kesehatan dalam memperoleh izin praktik di seluruh Indonesia.

“Terima kasih kepada Pak Anas yang membantu perizinan tenaga kesehatan menjadi mudah dan transparan. Penerapannya kalau bisa, sebelum selesai sudah 540 kabupaten/kota yang terintegrasi dan Kementerian Kesehatan siap membantu,” kata Menkes. Kesehatan. 

 

Menteri Negara Pendayagunaan Sipil dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Annas mengatakan MPP Digital akan fokus memberikan pelayanan publik yang lebih mudah dan murah kepada masyarakat sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Penerapan MPP Digital akan menjadi prioritas di 9 sektor, termasuk kesehatan. Dengan integrasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah menciptakan birokrasi yang mengesankan di lembaganya.

“Terima kasih kepada Menkes dan tim yang bekerja cepat, salah satunya kita membuat pusat perbelanjaan layanan publik digital,” kata Menpan RB. 

 

Untuk memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat khususnya tenaga kesehatan, Menpan RB mengatakan pemerintah akan memperluas MPP digital di Indonesia.

“Memang belum semua, sekarang dari 21 kita tambah 60. Mudah-mudahan sedikit demi sedikit seluruh kabupaten/kota bisa melaksanakan MPP digital agar perizinannya lebih cepat diproses,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link