September 21, 2024
7 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi yang Ingin Kerja di Pertambangan, Lulusannya Bergaji Fantastis!

7 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi yang Ingin Kerja di Pertambangan, Lulusannya Bergaji Fantastis!

0 0
Read Time:2 Minute, 18 Second

harfam.co.id – Industri pertambangan tidak hanya menawarkan berbagai peluang karir, tetapi juga merupakan salah satu industri yang paling menguntungkan dari segi finansial. Memilih universitas yang tepat tidak hanya sekedar memperoleh keterampilan teknis, tetapi juga menyediakan potensi gaji yang menggiurkan. 

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas beberapa universitas besar yang cocok bagi Anda yang tertarik memasuki dunia pertambangan. Oleh karena itu, universitas ini biasanya menjanjikan peluang karir yang cemerlang dan pendapatan yang kompetitif setelah lulus.

Berdasarkan laporan Michael Page, gaji pekerja terampil di industri pertambangan Indonesia berkisar antara Rp20 juta hingga Rp230 juta per bulan. Sedangkan gaji bulanan bagi pekerja entry level pertambangan dan penggalian berkisar antara Rp3,6 juta hingga Rp9 juta berdasarkan situs Gajimu. Program studi untuk bekerja di pertambangan

Berikut studi besar di Indonesia terkait karir di industri pertambangan:

1. Teknik pertambangan

Spesialisasi ini membekali siswa dengan pengetahuan tentang proses ekstraksi mineral, metode ekstraksi, pengolahan dan pengelolaan limbah pertambangan. Lulusan dapat bekerja sebagai insinyur pertambangan, pengawas produksi atau manajer operasional di perusahaan pertambangan.

2. Geologi

Berikutnya adalah Departemen Geologi. Mata kuliah ini mengkaji struktur bumi, sumber daya alam seperti mineral dan batuan, serta proses geologi yang terlibat dalam eksplorasi dan eksploitasi pertambangan. Lulusan dapat bekerja sebagai ahli geologi eksplorasi, ahli geologi pertambangan atau ahli geoteknik.

3. Rekayasa Geologi

Berbeda dengan jurusan pertama, teknik geologi lebih menitikberatkan pada pemanfaatan teknik dalam kajian dan pengelolaan sumber daya alam bumi, termasuk dalam konteks pertambangan. Nantinya, lulusannya bisa bekerja di bidang pemetaan geologi, geoteknik, atau manajemen proyek geologi.

4. Teknik metalurgi

Unit ini mengeksplorasi proses fisik, kimia dan teknologi untuk pengolahan mineral dan logam menjadi bahan yang lebih berguna seperti logam atau paduan murni. Lulusan teknik metalurgi dapat bekerja di pabrik pengerjaan logam atau sebagai ahli metalurgi.

5. Teknik Kimia

Meskipun tidak dirancang khusus untuk pertambangan, namun relevan karena mempelajari proses kimia yang dapat digunakan dalam pengolahan mineral dan ekstraksi logam. Lulusan spesialisasi ini dapat bekerja di pengolahan mineral atau industri kimia terkait.

6. Rekayasa konstruksi

Dalam konteks pertambangan, teknik sipil berperan dalam perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur pertambangan seperti jalan, bendungan atau pabrik pengolahan.

7. Teknik Elektro

Teknik elektro berada di urutan terakhir. Mengingat perkembangan teknologi di industri pertambangan saat ini, seperti otomasi dan pengendalian proses, lulusan teknik elektro dapat bekerja dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem kendali otomatis, instalasi listrik, atau dalam pengembangan perangkat elektronik untuk industri pertambangan.

Berikut daftar dosen universitas yang bekerja di dunia pertambangan. Pemilihan jurusan ini memberikan landasan pendidikan yang kuat untuk memasuki industri pertambangan di Indonesia yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang kaya dan beragam.

Baca artikel menarik harfam.co.id Education lainnya di tautan ini. Kisah Inspiratif Nur Azizah Baru Lulus SMA Kini Nanti Jadi MUA Seorang wanita yang akrab disapa Aziza berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang penata rias (MUA) meski baru duduk di bangku SMA. lulusan harfam.co.id.co.id pada 11 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link