September 21, 2024
Tips Lamar Kerja untuk Usia 60 ke Atas, Praktikkan 8 Hal Penting Ini

Tips Lamar Kerja untuk Usia 60 ke Atas, Praktikkan 8 Hal Penting Ini

0 0
Read Time:2 Minute, 37 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Seorang pakar rekrutmen di Virginia bahkan berbicara tentang cara merekrut pelamar yang berusia 60 tahun ke atas. Virginia membahas tantangan mencari pekerjaan di kemudian hari dan menawarkan tips untuk mengatasi hambatan tersebut.

Mencari pekerjaan baru bisa menjadi tantangan di setiap tahap karier. Namun, ada banyak peluang bagi kandidat berpengalaman. Dengan persiapan yang memadai, siapa pun dapat mencapai kesuksesan karier dengan menduduki posisi yang diminati.

Virginia menjelaskan cara mendapatkan pekerjaan jika Anda berusia 60 tahun ke atas. Sebenarnya ada delapan langkah yang perlu diperhatikan.

1. Tinjau deskripsi pekerjaan

Penting untuk memeriksa deskripsi pekerjaan untuk posisi yang Anda lamar sehingga Anda memahami sepenuhnya jenis karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan. Tulis kata kunci dalam deskripsi pekerjaan dan fokus pada tanggung jawab posisi tersebut, lalu susun resume Anda dengan cermat. Banyak perusahaan menggunakan sistem pelacakan pelamar untuk menyaring kandidat yang paling cocok untuk posisi terbuka, yang menyederhanakan proses perekrutan dan hanya memberikan resume yang memenuhi kebutuhan mereka kepada manajer. 

2. Perbarui resume Anda

Jika Anda memiliki riwayat pekerjaan yang panjang untuk dibagikan, pastikan pengalaman tersebut mencakup berbagai keterampilan yang dapat digunakan di posisi baru apa pun. Sekali lagi, buatlah deskripsi pekerjaan yang menyoroti latar belakang dan keterampilan yang dicari perusahaan, dan jika Anda memiliki pengalaman yang relevan, catatlah.

3. Tulis surat lamaran yang menarik

Surat lamaran memberikan kesempatan untuk menggambarkan siapa Anda sebagai seorang karyawan, bersama dengan soft skill untuk membantu manajer perekrutan membayangkan Anda dalam peran tersebut. Surat lamaran adalah bagian penting dari proses lamaran. Surat lamaran harus membahas pencapaian dan pengalaman spesifik yang paling berhubungan dengan posisi terbuka.

4. Pelajari keterampilan baru

Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memperoleh manfaat dari mempelajari keterampilan baru. Kita tidak hanya dapat menggunakan keterampilan ini di tempat kerja dan memasukkannya ke dalam resume kita, namun hal ini juga akan menunjukkan kepada para manajer bahwa kita merasakan pentingnya memperluas pengetahuan kita di industri baru tersebut, bahkan di kemudian hari dalam karier kita.

5. Membangun jaringan

Kita mungkin memiliki jaringan yang lebih luas yang terdiri dari orang-orang yang pernah bekerja sama dengan kita di posisi sebelumnya, menjadi sukarelawan melalui badan amal lokal, atau terhubung di jaringan dan konferensi industri tertentu. Saat Anda siap untuk mulai mencari pekerjaan baru, nilailah jaringan profesional Anda dan lihat apakah ada koneksi yang dapat membantu Anda. Beberapa perusahaan merekrut karyawan melalui jaringan.

6. Memperluas ilmu pengetahuan

Saat Anda mempelajari keterampilan baru, Anda dapat terus memperluas pengetahuan Anda di bidang yang Anda minati. Baca artikel dan laporan industri serta dengarkan podcast dari pakar industri yang dapat memperkenalkan kami pada tren dan cara baru dalam memproses informasi serupa. Di beberapa industri, mengalami perspektif yang berbeda dapat membantu kita mendapatkan posisi karena kita akan mampu menunjukkan kemampuan berpikir kreatif untuk menemukan solusi.

7. Pilih industri yang berbeda

Jika Anda memiliki keterampilan yang dapat dipindahtangankan, pertimbangkan untuk melamar posisi di industri yang berbeda dari industri tempat Anda berkarir. Misalnya saja, walaupun kita sudah memiliki seluruh pengalaman kerja di bidang teknologi informasi, kita tetap bisa melamar pekerjaan yang sama.

8. Kumpulkan referensi

Setiap perusahaan tempat kita melamar kemungkinan besar akan meminta beberapa referensi yang dapat kita hubungi untuk mengetahui lebih jauh tentang kita. Pertimbangkan untuk menyusun daftar orang-orang yang dapat memberi kami referensi pribadi atau profesional.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link