September 21, 2024
APJII dan Starlink Kerja Sama Tingkatkan Akses Internet Indonesia

APJII dan Starlink Kerja Sama Tingkatkan Akses Internet Indonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) resmi mengumumkan kerja sama dengan PT Starlink Services Indonesia (Starlink) untuk meningkatkan akses internet di seluruh Indonesia.

Kedua belah pihak menyepakati kerja sama tersebut dengan menandatangani Memorandum of Understanding atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan sistem yang saling menguntungkan seperti hubungan simbiosis.

“Iya (seperti interaksi simbiosis), tujuan keberadaan Starlink dapat bermanfaat bagi ekosistem internet di Indonesia. Semua itu untuk meningkatkan prinsip integrasi infrastruktur dan pemanfaatan Indonesia Internet Exchange (IIX) APJII. masyarakat. kepentingan bersama,” kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif, dilansir ANTARA, Senin (22/4/2024).

Menyikapi masing-masing metode kerja sama dalam konteks bisnis, APJII memandang kerja sama tersebut sebagai langkah yang sama-sama memberikan manfaat bagi ekosistem Internet di Indonesia.

Penyedia Layanan Internet Lokal (LSP) anggota APJII dapat meningkatkan jangkauan dan kualitas layanannya melalui kerja sama berupa integrasi layanan Starlink dengan jaringan seluler yang ada.

Sedangkan PJI berbasis satelit Starlink dapat memanfaatkan jaringan yang dibangun APJII sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia.

Kehadiran Starlink mampu mengubah wajah industri internet di Indonesia. Karena Starlink menawarkan teknologi baru untuk menyediakan internet melalui penggunaan satelit Low Earth Orbit (LEO), sehingga dapat menjangkau wilayah yang sebelumnya terhambat oleh kondisi geografis.

“Dengan kerja sama ini, APJII berharap dapat memanfaatkan teknologi canggih ini untuk menghadirkan internet yang lebih baik dan andal bagi masyarakat Indonesia,” kata Arif.

Selain itu, kemitraan ini juga akan memberikan peluang pengembangan baru bagi perusahaan asal AS tersebut, karena APJII akan membuka akses ke Indonesia Internet Exchange (IIX) Starlink.

Program IIX merupakan proyek APJII untuk membangun jaringan komunikasi nasional dengan keterampilan dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan yang ada, yang hanya akan digunakan oleh ISP yang memiliki izin beroperasi di Indonesia. “Dari sudut pandang Indonesia Internet Exchange (IIX), kemitraan ini memberikan peluang yang baik untuk meningkatkan konektivitas dan trafik di tanah air. Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna Internet di Indonesia,” kata Arif.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link