September 21, 2024
Apple Pertimbangkan AI China untuk Seri iPhone 16

Apple Pertimbangkan AI China untuk Seri iPhone 16

0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Raksasa teknologi Apple sedang melakukan pembicaraan dengan Baidu untuk memasukkan Ernie Bot milik Baidu, model bahasa skala besar (LLM), di iPhone 16 dan produk lainnya. Menurut laporan Cailian Press, kerja sama ini disebut khusus untuk pasar Tiongkok. 

Langkah ini dilakukan ketika Apple berjuang untuk mematuhi peraturan Tiongkok yang lebih ketat mengenai konten yang didukung AI. Laporan menunjukkan bahwa Apple akan menggunakan Ernie Bot untuk iOS 18 dan Mac OS di Tiongkok. Apple disebut-sebut telah melakukan diskusi dengan perusahaan China lainnya seperti Alibaba dan perusahaan AI yang berafiliasi dengan Universitas Tsinghua sebelum memilih Baidu.

Apple kemungkinan akan terus menggunakan model AI internalnya atau Google Gemini di luar Tiongkok, namun akan memilih solusi yang dikembangkan di dalam negeri di Tiongkok daratan untuk memastikan kepatuhan di sana.

“Berita ini muncul setelah kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Tiongkok, di mana ia menegaskan kembali komitmen Apple terhadap pasar dan bertemu dengan pemasok utama. Tim Cook memuji pemasok Tiongkok atas perjalanannya menuju netralitas,” kata Gizmochina, Kamis (28). . /2024).

Cook mengumumkan rencana untuk memperluas pusat penelitian Apple di Shanghai dan membangun laboratorium penelitian terapan baru di Shenzhen. Fokus pada Tiongkok ini terjadi karena penjualan iPhone di sana turun 24 persen dibandingkan tahun lalu (Counterpoint Research), kemungkinan karena persaingan dari Huawei sendiri.

Kemitraan ini sejalan dengan strategi Samsung. Samsung menggunakan AI Gemini Google secara global, tetapi telah memasukkan Ernie Baidu ke dalam seri Galaxy S24 terbarunya di Tiongkok untuk fitur “Lingkaran untuk Mencari”.

Namun, baik Apple dan Baidu menghadapi tantangan hukum yang semakin besar. Tiongkok telah menetapkan aturan rinci untuk layanan AI generatif dalam negeri yang memastikan kepatuhan terhadap konten yang disetujui pemerintah.

Berita tentang kemungkinan kemitraan antara Apple dan Baidu membuat saham Baidu naik 6 persen di Hong Kong. Analis melihat hal ini sebagai potensi kemenangan bagi Baidu, tidak hanya untuk merek Ernie Bot, tetapi juga untuk mempercepat upaya memonetisasi AI dan mendapatkan keunggulan dibandingkan pesaing Tiongkok.

Apple juga telah resmi mengumumkan tanggal Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang akan digelar pada 10 hingga 14 Juni. Perusahaan diperkirakan akan mengumumkan iOS 18 dengan fitur AI generatif. 

Ada juga spekulasi bahwa Apple mungkin meluncurkan toko aplikasi AI di WWDC 2024, yang mungkin mewakili perubahan dalam strategi AI-nya dengan menawarkan platform untuk berbagai aplikasi AI dari berbagai pengembang, termasuk Siri yang ditingkatkan dan penawaran dari pesaing seperti Google dan Baidu. . Santi Sopia

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link