September 21, 2024
Jadi Jurusan Favorit di UI, Ini yang Akan Dipelajari Ilmu Komunikasi 

Jadi Jurusan Favorit di UI, Ini yang Akan Dipelajari Ilmu Komunikasi 

0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

harfam.co.id – Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi incaran mahasiswa baru. Jurusan ini bahkan dinobatkan sebagai jurusan favorit universitas nasional seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, dan Universitas Lampung.

Ilmu Komunikasi juga menduduki puncak daftar dengan jumlah peminat kampus swasta terbanyak. Dimulai dari The London School of Public Relations (LSPR) disusul Ubinus, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Universitas Pancasila hingga Universitas Islam Indonesia. 

Lalu apa saja yang dipelajari mahasiswa di Departemen Ilmu Komunikasi? Lihat deskripsi di bawah ini. 

Mengutip laman London School of Public Relations, mahasiswa komunikasi akan memahami bagaimana memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara dalam konteks berbeda. 

Dengan cara ini, siswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik. Tidak hanya itu, mahasiswa ilmu komunikasi memiliki pemikiran kritis, kreativitas, manajemen waktu dan kemampuan interpersonal yang baik. 

Soft skill dan hard skill dapat dikembangkan melalui kursus yang mendalam. Dari mulai teori komunikasi, riset komunikasi, media massa, jurnalistik, public speaking, film, komunikasi politik, komunikasi internasional, dan lain-lain. 

Selama kuliah, disarankan agar Anda aktif dalam organisasi kemahasiswaan untuk menunjang kesuksesan Anda sebagai mahasiswa ilmu komunikasi. Kegiatan-kegiatan ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan.

Organisasi juga membangun hubungan dengan siswa lainnya. Baik dari departemen yang sama atau departemen yang berbeda. Hal ini berguna untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Usahakan selalu magang ketika memasuki semester ketiga atau keempat. Saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswanya. Gunakan untuk mempelajari dan menemukan implementasi dari mata pelajaran yang Anda pelajari.

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memutuskan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Cari tahu apakah jurusan favorit ini sesuai dengan minat dan bakat Anda. Jangan hanya memilih keluar dari FOMO.

Yakinkan diri Anda bahwa dengan mempelajari jurusan ini Anda akan menjadi orang sukses di masa depan.

Senang rasanya bisa membicarakan berbagai hal dengan orang-orang yang bekerja di bidang komunikasi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran apa yang diharapkan dari berkarir di bidang ini.

Prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi sangat luas, diantaranya adalah Public Relations, Corporate Communications, jurnalis, produser, penulis, content kreator, penyiar radio, presenter, pembaca berita dan media planner.

Seberapa tertarikkah Anda dengan jurusan ini? Manfaat belajar siswa dapat dipersingkat melalui program RPL Tidak hanya dapat memperluas akses pendidikan, program RPL ini jelas bermanfaat karena dapat mempersingkat waktu belajar, siswa dapat lebih cepat. harfam.co.id.co.id 13 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link