September 21, 2024
Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

JAKARTA – Berikut tips memilih jurusan kuliah berdasarkan tipe kepribadian. Memutuskan jurusan kuliah bagi seorang calon mahasiswa bukanlah suatu hal yang sederhana dan mudah. Keputusan seorang calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah bukan hanya persoalan akademis saja, namun juga menyangkut aspek kepribadian.

Tips memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian

1. Kepribadian realistis

Tipe kepribadian yang pertama adalah realistik atau tindakan, yaitu tipe karakter manusia yang lebih menyukai pekerjaan di bidang terapan.

Penekanan pada kekuatan fisik dan otot serta didukung koordinasi motorik yang kuat merupakan ciri khas kepribadian ini. Jadi calon mahasiswa dengan tipe kepribadian seperti ini lebih memilih ilmu praktis dibandingkan teori.

Jurusan teknik seperti elektronik, mekanik, sipil, pertanian, perikanan atau otomotif dan farmasi direkomendasikan untuk tipe kepribadian realistis.

2. Kepribadian penasaran

Tipe kepribadian berikutnya adalah Inquirer atau Thinker, yang sangat menyukai akademisi dalam bekerja. Mereka yang memiliki kepribadian bijaksana sangat cocok untuk memilih jurusan perguruan tinggi di bidang kimia, fisika, nutrisi, biologi, perangkat lunak, dan kriminologi.

3. Kepribadian Artistik Tipe kepribadian selanjutnya adalah Artistik atau Maker, yaitu orang yang mempunyai kecenderungan sosial yang tinggi dan lebih suka menyendiri. Seorang kreator atau seseorang dengan tipe kepribadian kreator cenderung memilih perguruan tinggi jurusan seni.

4. Kepribadian sosial

Tipe kepribadian manusia selanjutnya adalah sosial atau penolong, ia merupakan orang sederhana yang cenderung pada nilai-nilai kemanusiaan. Dengan penuh rasa tanggung jawab, kecerdasan dan keutamaan, calon mahasiswa dengan kepribadian seperti ini sangat cocok bekerja di bidang sosial.

Oleh karena itu, mereka yang memiliki tipe kepribadian ini cenderung memilih jurusan kuliah seperti psikologi dan konseling, komunikasi, sosiologi, dan kesekretariatan.

5. Kepribadian wirausaha

Tipe kepribadian kelima yang dijadikan pedoman dalam memilih jurusan kuliah adalah enterprising atau pengejar. Tipe kepribadian seperti ini ditunjukkan dengan sikapnya yang kuat, mudah bergaul dan menjadi magnet positif bagi orang-orang disekitarnya.

Calon mahasiswa dengan kepribadian giat paling cocok memilih jurusan Manajemen, Komunikasi, Hubungan Internasional dan Pemasaran.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link