September 21, 2024
10 Makanan Ini Bisa Perkuat Imunitas Tubuh!

10 Makanan Ini Bisa Perkuat Imunitas Tubuh!

0 0
Read Time:3 Minute, 24 Second

harfam.co.id, Jakarta Sistem imun adalah jaringan luas organ, sel, dan protein yang bekerja sama melindungi tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur, dan kuman lainnya. Ketika serangan terjadi dan kerusakan terjadi, sistem kekebalan berperan dalam menyembuhkan kerusakan dan beradaptasi terhadap ancaman di masa depan. Ada banyak cara untuk mendukung kesehatan dan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda, termasuk memperhatikan jenis makanan yang Anda makan.

Berikut daftar makanan terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh, dikutip dari Health.com (03/04/2024).

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya, dan sering dipuji karena perannya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C larut dalam air dan berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Jeruk bisa dinikmati segar atau sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan.

Cabai merah juga merupakan buah yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat. Satu buah cabai merah berukuran besar mengandung 210 miligram vitamin C, melebihi jumlah harian yang disarankan.

Kesehatan sistem pencernaan, khususnya usus, seringkali dianggap sebagai indikator penting dalam menjaga kesehatan manusia. Pasalnya, saluran pencernaan merupakan rumah bagi komunitas mikroba kompleks yang mendukung kesehatan tubuh melalui regulasi energi dan respon imun. Mengonsumsi makanan seperti yogurt kaya probiotik dapat mendukung keberadaan bakteri baik di mikrobioma usus Anda, yang dapat membantu kesehatan pencernaan.

Vitamin D adalah vitamin yang terkait langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini karena sebagian besar sel sistem kekebalan tubuh mengandung reseptor vitamin D. Hubungan ini menjadikan vitamin D sebagai nutrisi yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin D ditemukan pada ikan berlemak seperti makarel dan salmon.

Daging unggas seperti dada ayam kaya akan vitamin B6 yang berperan penting dalam mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 berperan penting dalam produksi interleukin dan limfosit T, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daging unggas dapat dimakan dengan berbagai cara, seperti diasap, dipanggang, atau dicampur dengan makanan utuh dan makanan segar.

Sayuran berdaun hijau berwarna penuh nutrisi dan serat yang menunjang kesehatan usus dan memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sayuran hijau ini bisa dinikmati segar atau sebagai bagian dari salad dengan buah-buahan dan protein tanpa lemak.

Kacang kaya akan zinc dan sering kali menjadi pilihan camilan yang nyaman. Seng berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengatur jalur sinyal intraseluler. Banyak kacang-kacangan lezat yang mengandung zinc termasuk almond, kacang mete, dan kacang pinus.

Jahe merupakan tanaman akar berbunga asli Asia Tenggara yang telah lama dikenal memiliki manfaat positif terhadap sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena jahe mempunyai sifat antioksidan dan anti inflamasi. Oleh karena itu, jahe dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular.

Kunyit merupakan bumbu dapur yang mengandung senyawa bioaktif bernama kurkumin. Kurkumin dalam kunyit berinteraksi dengan sel sistem kekebalan tubuh, seperti makrofag dan sel pembunuh alami, untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh. Kunyit dapat dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam masakan seperti sup dan semur.

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan senyawa bioaktif yang terkait dengan fungsi kekebalan tubuh. Senyawa ini berperan dalam berbagai proses biologis dalam tubuh manusia melalui sifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan neuroprotektif. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan respon imun tubuh dan mengurangi peradangan.

Makanlah makanan yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk, kiwi, paprika, brokoli, dan bayam, karena bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Tak hanya itu, alpukat, blackberry, kacang hijau, dan bayam juga merupakan sumber zinc, mineral yang membantu sel sistem kekebalan tubuh bertahan hidup.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh: Olahraga teratur, makan makanan bergizi, tidur yang cukup, kelola stres, berjemur

Minum air secara teratur adalah cara termudah untuk menghindari penyakit. Air memainkan peran penting dalam tubuh Anda, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin C merupakan salah satu zat gizi yang tidak dapat disintesis dalam tubuh manusia sehingga sangat diperlukan asupan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai anti inflamasi dan dapat mencegah kerusakan oksidatif sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh (Shakur et al., 2021 ).

Susu merupakan minuman yang tepat untuk meningkatkan stamina karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan protein dan karbohidrat pada susu mengembalikan energi yang hilang pada tubuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link