September 21, 2024
Melihat Perjalanan Karir PM Baru Inggris Keir Starmer, Awali Karir Jadi Pengacara

Melihat Perjalanan Karir PM Baru Inggris Keir Starmer, Awali Karir Jadi Pengacara

0 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

harfam.co.id, Jakarta Inggris resmi memilih Keir Starmer sebagai Perdana Menteri barunya pada 4 Juli 2024.

Starmer yang menjadi pembawa acara CNBC International pada Jumat (5/7/2024), menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang terpilih dari Partai Buruh Inggris dalam 14 tahun.

Starmer mengambil alih jabatan perdana menteri dari Risha Sunak, yang memperkirakan partai Kiri dapat memenangkan mayoritas 170 kursi.

Kurang dari satu dekade setelah memasuki Parlemen Inggris, Starmer menarik perhatian karena kemajuan politiknya yang pesat.

Sebelum terjun ke dunia politik, Starmer rupanya bekerja sebagai pengacara hak asasi manusia di negara asalnya. Profil Keir Starmer

Keir Starmer lahir di London, Inggris pada tahun 1962 dari ayah penembak dan ibu perawat.

Pria berusia 61 tahun itu, mengutip latar belakangnya yang sederhana sebagai penghubung dengan para pemilih Inggris, mengatakan perjuangan seumur hidup ibunya melawan penyakit serius telah memberinya rasa terima kasih yang mendalam kepada Layanan Kesehatan Nasional (NHS).

Starmer adalah orang pertama di keluarganya yang belajar hukum di Universitas Leeds. Awal karir sebagai seniman

Setelah lulus dari Universitas Oxford, Starmer mulai bekerja sebagai pengacara di pengadilan Inggris pada tahun 1987, menangani kasus-kasus penting termasuk pemakzulan Shell, McDonald’s dan mantan Perdana Menteri Konservatif Margaret Thatcher.

Starmer juga merupakan penasihat hak asasi manusia untuk Perdana Menteri Goodwill Irlandia Utara Tony Blair, yang juga dicalonkan oleh Partai Buruh.

Pada tahun 2008, setahun setelah menikahi istrinya Victoria, Starmer menjadi kepala Layanan Penuntutan Mahkota, menjadikannya kepala Layanan Penuntutan Mahkota.

Kemudian pada tahun 2014, Starmer mengambil peran sebagai menteri peradilan pidana dan terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun berikutnya sebagai menteri imigrasi oposisi dan menteri Brexit.

Pada tahun 2020, ia diangkat menjadi pemimpin Partai Buruh dan memulai perombakan partai setelah pengunduran diri Jeremy Corbyn, yang menyebabkan rekor kekalahan partai tersebut pada pemilihan umum 2019.

 

Dalam kampanye pemilu Inggris tahun 2024, Starmer memuji “dekade regenerasi nasional” bagi negara tersebut, yang ia gambarkan sebagai tahun-tahun pemotongan belanja dan penurunan standar hidup di bawah pemerintahan Konservatif.

Dalam manifesto pemilu partainya yang diterbitkan bulan lalu, Starmer mengusulkan langkah-langkah pengeluaran untuk mendirikan perusahaan energi negara yang baru, mengurangi waktu tunggu NHS, membangun rumah baru dan meningkatkan layanan kereta api.

Namun ia juga menunjukkan dirinya sebagai pendukung setia, dengan terus menarik pemilih sayap kanan arus utama dengan skema “penciptaan kekayaan” dan dana kekayaan negara.

“Pembangunan ekonomi dan keadilan sosial harus berjalan beriringan,” kata Starmer.

Starmer, yang memilih untuk tetap bertahan dalam referendum UE tahun 2016 di Inggris, juga berjanji untuk meningkatkan kesepakatan Inggris-UE di bidang perdagangan, penelitian, dan keamanan.

Namun dia menekankan bahwa tidak ada alasan bagi Inggris untuk bergabung dengan serikat pekerja tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link