September 21, 2024
Percikkan Mata dengan Air Setiap Pagi Ternyata Ada Bahayanya

Percikkan Mata dengan Air Setiap Pagi Ternyata Ada Bahayanya

0 0
Read Time:58 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Bagi sebagian orang, memercikkan air ke mata di pagi hari merupakan salah satu olahraga menyegarkan yang dipercaya dapat merangsang penglihatan. Tapi, menurut dokter spesialis mata, kebiasaan ini justru bisa membahayakan kesehatan mata.

Rahil Chaudhary, seorang ahli bedah Lasik dan katarak di India, menjelaskan bahwa mata memiliki kelenjar air mata yang mengandung minyak. Percikan air berulang kali dapat menghilangkan cairan air mata sehingga menyebabkan mata kering.

“Perlu dicatat bahwa mata sudah memiliki mekanisme untuk membersihkan kelebihannya,” kata Dr Chaudhary, dilansir The Indian Express, Rabu (17/4/2024).

Kepala Konsultan Oftalmologi di Max Multi Specialty Center di India, Deepali Garg Mathur mengatakan, air mata alami berperan penting sebagai pemandu yang membersihkan kotoran pada mata dan melindungi dari infeksi. Cairan air mata mengandung berbagai zat, seperti lisozim dan laktoferin, yang melawan infeksi bakteri.

“Beberapa zat ini melawan infeksi bakteri dengan bagian dari sistem kekebalan tubuh,” kata Dr. kata Mathur.

Ahli bedah kornea dan refraksi senior di Rumah Sakit Mata Maxivision di India, Madhavi Majjety, juga menyoroti risiko kontaminasi air. Hal tersebut menunjukkan bahwa air keran dapat mengandung kotoran atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan mata.

Apa yang harus dilakukan dengan mata bersih?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link