October 22, 2024
8 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Kolesterol Tinggi

8 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Kolesterol Tinggi

0 0
Read Time:1 Minute, 8 Second

JAKARTA – Ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dimakan saat kolesterol tinggi. Bagi penderita kolesterol tinggi, sangat penting untuk memilih makanan yang tepat untuk menjaga kesehatannya.

Meski sayuran secara umum dianggap sehat, ada beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sayuran tertentu, seperti bayam dan bit, kaya akan oksalat yang dapat mempengaruhi penyerapan kalsium.

Sayuran ini juga memperburuk kesehatan Anda jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sayuran apa saja yang harus dihindari dan bagaimana merencanakan pola makan yang lebih sehat untuk mengontrol kadar kolesterol.

Berikut daftar sayur mayur yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi seperti dilansir Web MD, Jumat (12/7/2024).

8 sayuran yang sebaiknya tidak dimakan saat kolesterol tinggi

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran padat nutrisi, namun sayuran ini juga mengandung oksalat dalam kadar tinggi. Oksalat dapat mengikat kalsium dalam tubuh dan membentuk kristal sehingga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan seperti batu ginjal.

Pada penderita kolesterol tinggi, penumpukan oksalat dapat mempengaruhi penyerapan kalsium yang penting untuk fungsi tubuh, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi bayam dalam jumlah terbatas.

2. Bit

Bit juga merupakan sayuran yang memiliki kandungan oksalat tinggi. Meski buah bit memiliki manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar oksalat dalam tubuh.

Bagi penderita kolesterol tinggi, hal ini dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan masalah lain terkait penyerapan mineral penting.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link