October 22, 2024
MBTI Adalah Myers-Briggs Type Indicator, Kamu yang Mana?

MBTI Adalah Myers-Briggs Type Indicator, Kamu yang Mana?

0 0
Read Time:9 Minute, 59 Second

harfam.co.id, Jakarta MBTI adalah kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator, alat penilaian kepribadian populer berdasarkan psikologi Carl Jung. MBTI adalah sistem yang mengklasifikasikan orang ke dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian berbeda berdasarkan preferensi mereka.

Kepribadian ini terbagi menjadi empat dimensi utama: Ekstraversi/Introversi, Penginderaan/Intuisi, Berpikir/Perasaan dan Menilai/Mempersepsi. MBTI adalah alat yang banyak digunakan untuk pengembangan diri, konseling karier, dan pembangunan tim yang membantu orang memahami cara mereka memandang dunia dan mengambil keputusan.

MBTI merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Catherine Cook Briggs, pada tahun 1942. Mereka memodifikasi teori tipe psikologis Carl Jung, yang menyatakan bahwa manusia mempunyai empat fungsi mental: fungsi penilaian (berpikir dan merasakan) dan fungsi mental. fungsi persepsi (pendengaran dan intuisi). MBTI adalah alat yang membantu mengidentifikasi minat Anda sehingga orang dapat lebih memahami dan memahami orang lain.

Dengan MBTI, setiap orang dapat mengetahui tipe kepribadiannya dengan menggabungkan keempat variabel utama tersebut sehingga menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda. Tidak ada kombinasi yang dianggap lebih baik atau lebih buruk dari kombinasi lainnya; Semua tipe dianggap sama dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik. MBTI adalah alat yang memberikan wawasan mendalam tentang perbedaan dan persamaan pengalaman hidup antar manusia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman dan hubungan antarmanusia.

Untuk lebih jelasnya harfam.co.id rangkum dari berbagai sumber mengenai pengertian, dikotomi, dan jenis MBTI, Kamis (23/5).

MBTI, kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator, adalah alat penilaian kepribadian yang banyak digunakan berdasarkan teori Carl Jung. MBTI mengklasifikasikan orang ke dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian, memberikan wawasan tentang preferensi mereka berdasarkan empat dimensi: ekstroversi/introversi, penginderaan/intuisi, pemikiran/perasaan, dan penilaian/persepsi. MBTI sering digunakan untuk pengembangan pribadi, konseling karir dan pembangunan tim.

Menurut teori MBTI, preferensi seseorang digabungkan untuk menentukan tipe kepribadiannya. Ke-16 jenis tersebut disebut dengan singkatan huruf pertama dari setiap pilihan fungsi kognitif. Misalnya, “ISTP” berarti introspeksi, mendengar, berpikir, dan mengamati. Tidak ada kombinasi yang dianggap “lebih baik” atau “lebih buruk” karena semua jenis dianggap sama.

MBTI menekankan bahwa setiap orang memiliki preferensi terhadap cara mereka memandang dunia, dan tes ini memberikan wawasan tentang perbedaan dan persamaan dalam pengalaman hidup masyarakat.

Alat MBTI diciptakan oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Catherine Cook Briggs, pada tahun 1942 dan didasarkan pada teori psikologi yang dikembangkan oleh psikolog Swiss, Carl Jung, dalam karyanya, Psychological Types.

Teori tipe mental Jung didasarkan pada adanya empat fungsi penting pikiran – fungsi penilaian (berpikir dan merasakan) dan fungsi perasaan (perasaan dan intuisi). Dia percaya bahwa satu kombinasi aktivitas mendominasi seseorang sepanjang waktu.

Teori Jung menyatakan bahwa orang itu introvert atau ekstrovert, sehingga kombinasi tersebut didefinisikan sebagai introvert atau ekstrovert (itulah sebabnya E atau I adalah huruf pertama dalam rangkaian tersebut). Tiga fungsi lainnya bekerja secara berbeda.

Tes MBTI dirancang untuk memisahkan orang menjadi empat kelompok berdasarkan cara mereka memandang dunia dan mengambil keputusan, sehingga memungkinkan mereka memeriksa dan lebih memahami kepribadian mereka.

Keempat tingkatan tersebut adalah: introvert atau ekstrover, penginderaan atau intuisi, pemikiran atau perasaan, dan penilaian atau persepsi. Setiap orang dikatakan memiliki satu ciri yang menonjol dari masing-masing kelompok, sehingga menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda. Ekstroversi (E) versus introversi (I) Ini adalah kebalikan dari cara menyalurkan dan menerima energi. Apakah Anda lebih suka fokus pada dunia luar atau dunia dalam diri Anda? Dikotomi ini menggambarkan bagaimana manusia merespon dan berinteraksi dengan orang lain serta beradaptasi dengan dunia disekitarnya. Orang ekstrovert cenderung berorientasi pada tindakan – mereka fokus pada orang lain dan hal-hal di sekitar mereka, merasa berenergi dengan kehadiran orang lain dan memancarkan energi ke luar. Introvert sangat keras kepala. Mereka menikmati hubungan sosial yang mendalam dan bermakna serta merasa diberdayakan setelah menghabiskan waktu sendirian. Sensing (S) vs Intuition (N) Apakah Anda lebih suka fokus pada poin-poin utama yang didapat, atau lebih suka menafsirkan dan menambahkan makna? Dikotomi ini menggambarkan bagaimana orang mengumpulkan dan memahami informasi. Orang yang sensorik cenderung fokus pada detail dan informasi serta memahami dunia di sekitar mereka dengan panca inderanya. Tipe yang sangat intuitif tidak berpikir, fokus pada pola, perasaan, dan kemungkinan masa depan. Berpikir (T) vs. Opini (F) Saat mengambil keputusan, apakah Anda lebih suka melihat ide dan stabilitasnya terlebih dahulu atau melihat orang dan situasi terlebih dahulu? Dikotomi ini menggambarkan bagaimana orang mengambil keputusan dan menggunakan penilaian. Tipe berpikir menggunakan pikiran dan fakta untuk mengevaluasi dunia, sedangkan tipe emosional cenderung memikirkan perasaan. Penghakiman (J) vs. Persepsi (P) Ketika berhadapan dengan dunia luar, apakah Anda lebih suka bertindak atau tetap terbuka terhadap informasi dan kemungkinan baru? Dikotomi ini menggambarkan bagaimana orang cenderung bekerja di dunia luar dan mengungkap persepsi spesifik terhadap pekerjaan tersebut. Mereka yang memiliki kekuatan penilaian cenderung etis dan berorientasi pada hasil serta lebih menyukai struktur dan pengambilan keputusan. Orang dengan rasa kontrol yang kuat mudah beradaptasi dan fleksibel serta cenderung melakukan banyak tugas.

 

 ISTJ – Ahli logistik

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung memiliki perasaan yang dalam, realistis, dan polos. Mereka menghargai ketertiban dan organisasi serta memperhatikan detail. Mereka suka merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu dan menekankan pentingnya tradisi dan aturan.

Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab dan jujur, serta dapat digambarkan sebagai orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Ahli logistik sangat fokus pada kinerja dan selalu berusaha melakukan segalanya dengan benar dan tepat waktu. ISFJ – Sang Pembela (Pembela)

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang ramah, bertanggung jawab, dan tertutup. Mereka siap bekerja, siap menunaikan tugas dan kewajibannya. Mereka setia, perhatian, dan sangat fokus dalam menjaga orang lain. Mereka cenderung menghindari konflik dan menghargai lingkungan yang tertib dan harmonis. Pelindung sangat memperhatikan kesejahteraan orang lain dan sering kali rela mengorbankan dirinya demi kebaikan orang lain. INFJ – pengacara (pengacara)

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang serius, logis, dan pekerja keras. Mereka juga penyayang, sensitif, dan tertutup. Mereka menghargai hubungan yang dekat dan mendalam serta peka terhadap kebutuhan orang lain, tetapi mereka juga membutuhkan waktu dan ruang untuk memulihkan tenaga. Pengacara memiliki pandangan positif terhadap dunia dan sering kali terlibat dalam upaya membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang lain. INTJ – Arsitek

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat mandiri, percaya diri dan lebih suka bekerja sendiri. Mereka analitis, kreatif, logis dan berorientasi pada tujuan. Mereka menekankan pentingnya logika dan fakta dibandingkan opini dan sering dianggap perfeksionis.

Arsitek memiliki harapan yang tinggi terhadap kompetensi dan kinerja untuk dirinya sendiri dan orang lain. Mereka suka membuat rencana secara strategis dan sering kali memiliki visi jangka panjang yang jelas.

Orang dengan tipe kepribadian ini tidak kenal takut dan mandiri. Mereka menyukai kesenangan, pengalaman baru, dan berani mengambil risiko. Mereka cenderung menjadi pengamat yang pendiam dan tidak terlalu peduli dengan perasaan orang lain, sehingga terkadang membuat mereka tampak tidak simpatik atau kasar.

Profesional yang berorientasi pada hasil, bertindak cepat untuk menemukan solusi efektif dan memahami akar penyebab masalah praktis. Mereka sering kali bekerja secara efektif dalam situasi darurat karena kemampuan mereka berpikir cepat dan mengatasi masalah. ISFP – artis (artis)

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang pendiam, ramah, santai, dan penuh perhatian. Mereka sangat membutuhkan ruang pribadi dan waktu berduaan untuk memulihkan diri. Mereka menghargai hubungan yang mendalam dan lebih suka menghabiskan waktu bersama sekelompok kecil teman dekat dan keluarga. Seniman sangat peduli dan menerima, menghindari konflik dan berkomitmen pada nilai-nilai mereka dan orang-orang yang mereka sayangi. Seringkali mengekspresikan diri melalui seni atau aktivitas kreatif lainnya, mereka menikmati kebebasan menjelajahi dunia dengan cara mereka sendiri. INFP – mediator (penghubung)

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang kreatif, positif, perhatian, dan setia. Mereka memiliki nilai dan moral yang tinggi, dan mereka selalu mencari cara untuk memahami orang lain dan melayani orang dengan lebih baik. Bridger berorientasi pada rumah dan keluarga, lebih suka berinteraksi dengan sekelompok kecil teman dekat.

Mereka sering kali terlibat dalam upaya menjadikan dunia lebih baik dan cenderung memiliki pandangan positif tentang bagaimana hal ini dapat dicapai. Mereka mempertimbangkan kebutuhan orang lain dan sangat sensitif, berusaha menciptakan keharmonisan dan pengertian dalam hubungan mereka. INTP – pemikir

Orang dengan tipe kepribadian ini digambarkan sebagai orang yang pendiam, tidak menonjolkan diri, dan analitis. Mereka sangat fokus pada cara kerja dan pemecahan masalah, serta cenderung pandai logika dan matematika. Para pemikir lebih tertarik pada gagasan dan konsep teoretis dibandingkan hubungan sosial.

Mereka setia dan penyayang terhadap teman dan keluarga terdekatnya, namun sering kali sulit dikenali oleh orang lain. Mereka senang mengeksplorasi ide-ide baru dan sering kali ingin memahami prinsip-prinsip dasar yang mengatur dunia.

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat berorientasi pada tindakan, mengambil pendekatan pragmatis untuk mencapai hasil dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Mereka sering kali canggih, menarik, dan spontan. Pengusaha adalah orang-orang yang kuat dan berkuasa, dan mereka menikmati menghabiskan waktu bersama teman dan kenalan.

Mereka fokus pada masa kini, lebih memilih hal praktis daripada spekulatif. Mereka cenderung cepat mengambil keputusan dan tidak ragu mengambil risiko untuk mencapai tujuannya. ESFP – penghibur (penghibur)

Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung periang, banyak bicara, dan impulsif, serta mendapatkan kekuatan dari orang lain. Mereka suka menjadi pusat perhatian dan senang bekerja dengan orang lain di lingkungan baru. Para penghibur dapat digambarkan sebagai orang-orang yang nyaman, menyenangkan dan optimis.

Mereka spontan dan fokus pada masa kini, serta menikmati pembelajaran melalui pengalaman langsung dengan orang lain. Mereka cenderung mudah beradaptasi dan menikmati kehidupan yang aktif dan penuh warna. ENFP – Sang Juara (Sang Juara)

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang bersemangat, kreatif, energik, dan imajinatif. Mereka memiliki keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang baik serta mampu memberikan apresiasi dan dukungan kepada orang lain. Para penindas mencari persetujuan dari orang lain dan menghargai pendapat serta ide mereka.

Mereka tidak menyukai rutinitas dan dapat menghadapi masalah ketidakmurnian dan penundaan. Mereka cenderung melihat dunia dengan optimis dan mempunyai kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain dengan ide dan visi mereka. ENTP – Sang Pendebat (Debat)

Orang dengan tipe kepribadian ini dapat digambarkan sebagai orang yang kreatif, terbuka, dan antusias. Mereka berorientasi secara emosional dan lebih fokus pada masa depan daripada saat ini. Para pesaing senang berinteraksi dengan orang yang berbeda dan senang terlibat dalam diskusi.

Mereka cenderung ramah, namun terkadang juga argumentatif. Mereka adalah pembicara yang baik dan seringkali menjadi pengusaha sukses karena kemampuannya berpikir kreatif dan berargumentasi dengan baik.

Orang dengan tipe kepribadian ini bertanggung jawab, praktis dan terorganisir. Mereka bertekad dan suka memimpin, fokus pada pencapaian hasil dengan cara yang paling efisien. Mereka memiliki nilai-nilai yang jelas serta adat istiadat dan aturan yang sangat penting. Manajer sering kali tampak keras kepala, keras kepala, atau mulia karena mereka bersikeras mencapai tujuan mereka.

Namun, mereka cenderung unggul dalam menyelesaikan proyek karena mereka pekerja keras, percaya diri, dan loyal. Mereka cenderung mengatur dan mengelola segala sesuatunya dengan baik, untuk memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan sesuai rencana dan standar yang ditetapkan. ESFJ – Wali (Wali)

Orang dengan tipe kepribadian ini mempunyai hati yang hangat, baik hati, dan harmonis. Mereka mengungkapkan perasaannya dengan jelas dan cenderung melihat sisi terbaik orang lain. Pengasuh senang membantu orang lain dan memberikan perawatan yang dibutuhkan, namun mereka juga ingin diakui dan dihargai atas kontribusinya.

Mereka adalah pengamat yang cermat terhadap orang lain dan unggul dalam situasi yang melibatkan interaksi pribadi dan sosial. Mereka kerap menjadi pusat perhatian di kelompok sosial karena sifatnya yang ramah dan penuh perhatian. ENFJ – Pahlawan

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang bertanggung jawab, hangat, dan setia. Mereka sangat memperhatikan perasaan orang lain dan mampu menjalin persahabatan dengan hampir semua orang. Pahlawan memiliki keinginan kuat untuk membantu orang lain mencapai potensinya dan menemukan kepuasan dalam membantu orang lain.

Mereka cenderung menjadi pemimpin yang baik karena kemampuan mereka untuk mendorong konsensus di antara kelompok yang berbeda. Mereka mampu melihat potensi terbaik dalam diri orang lain dan mendorong mereka untuk mencapainya, sering kali bertindak sebagai mentor atau pelatih. ENTJ – Manajer

Orang dengan tipe kepribadian ini suka memimpin. Mereka menghargai organisasi dan struktur serta menghargai perencanaan jangka panjang dan penetapan tujuan. Atasan memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan senang berinteraksi dengan orang lain, namun tidak selalu peduli dengan perasaannya sendiri atau perasaan orang lain.

Mereka memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dan cenderung menjadi manajer, direktur, dan manajer yang baik. Mereka dikenal karena kemampuannya merencanakan, mengatur, dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link