October 23, 2024
Toyota Motor Thailand Siapkan Fortuner dengan Performa Balap

Toyota Motor Thailand Siapkan Fortuner dengan Performa Balap

0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

harfam.co.id, Bangkok – Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV mewah yang populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan kerap disandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport sebagai kompetitor. Namun, jika berbicara soal performa mobil Toyota, Fortuner tidak selalu berada di batasnya, bahkan dengan versi tuning dari Gazoo Racing.

Pandangan itu berubah saat Toyota Motor Thailand meluncurkan Fortuner yang didesain ulang secara besar-besaran sebagai Hyper-F Concept di Bangkok Auto Salon 2024, Rabu (26/06/2024).

Menurut Carscoops, konsep tersebut merupakan hasil anak perusahaan Toyota Group, TCD Asia (Toyota Customizing & Development).

Fortuner telah mengalami perombakan besar-besaran dengan body kit khusus yang mengubah eksterior agar sesuai dengan tuntutan lintasan. Namun jika Anda berharap bisa memuat banyak orang dalam format 3 baris, Anda tidak akan mendapatkannya karena dipotong untuk hanya menampung 2 baris yang memuat 4 kursi.

Kap depan dilengkapi mesh dan saluran masuk udara yang besar, splitter depan dan kap ventilasi yang akan menarik lebih banyak udara untuk mendukung performa maksimal mesin. Pada bagian samping terdapat lubang samping yang dalam untuk menopang sistem ventilasi samping.

Sedangkan bagian belakang memiliki diffuser belakang berukuran besar, fender lebar, dan spoiler belakang sebagai perpanjangan udara. Velg forged berukuran 22 inci yang lebih besar dan ringan semakin menyempurnakan tampilan mobil, sedangkan wheelbase Hiluk Revo GR Sport 4×4 yang ditingkatkan membuatnya lebih lebar dari sebelumnya.

Mitsui Chemicals dari Jepang dan APRK Corporation juga akan memasok beberapa material TAFNEKS CF/PP berteknologi tinggi, resin polipropilen yang diperkuat serat karbon yang akan dicetak 3D untuk menghemat berat.

Namun, apa yang ada di balik konsep ini masih menjadi misteri. Meski demikian, Toyota Motor Thailand menjanjikan Hyper-F sebagai konsep SUV berperforma tinggi yang menawarkan peningkatan performa diimbangi dengan fitur naturalnya.

Toyota Fortuner saat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan diperbarui pada tahun 2020. Modelnya didasarkan pada truk pikap Hilux untuk membentuk SUV tiga baris terdepan di pasar ASEAN.

Fortuner versi paling sporty dan bertenaga saat ini dibekali GR Sport. Selain mengusung postur yang lebih agresif, Fortuner GR Sport menggunakan mesin turbodiesel 2,8 liter yang lebih bertenaga, menghasilkan tenaga 221bhp dan torsi 550Nm, setara dengan Hilux GR Sport buatan Australia.

Baru-baru ini, divisi Gazoo Racing juga berniat memperkenalkan SUV performa tinggi di jajarannya. Dan akan ditanggapi dengan serius, tidak hanya pada detail desain seperti Fortuner GR Sport.

Mereka kemungkinan akan berupaya menawarkan SUV yang lebih berorientasi jalan raya berdasarkan platform TNGA.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link