October 23, 2024
Hindari Contraflow Jika Jam Terbang Menyetir Masih Kurang, Berbahaya!

Hindari Contraflow Jika Jam Terbang Menyetir Masih Kurang, Berbahaya!

0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

Jakarta, 8 April 2024 – Kecelakaan fatal terjadi di Km 58 Tol Cikampek arah Jakarta yang menewaskan beberapa orang usai diterapkan contraflow. Perlu diketahui bahwa pengemudi perlu ekstra hati-hati saat melewati rekayasa lalu lintas ini.

Kabid Humas Polda Jabar Kompol Jules Abraham Abst mengatakan, kecelakaan terjadi saat mobil GrandMax yang datang dari Jakarta menginjak rem dan bertabrakan dengan jalur B.

Ia mengatakan, Senin, 8 April 2024, “Mobil Grandmax tertabrak di lajur contraflow arah Cikampek. Mobil kemudian berusaha naik ke bahu kanan lajur B arah Jakarta.”

Namun, bus antar kota yang datang tiba-tiba menabrak mobil Grandmax dari belakang. Hal ini menyebabkan kecelakaan. Usai kejadian tersebut, mobil Grandmax langsung terbakar. 

Selain itu, ada juga Terios yang menabrak bus hingga terbakar, ujarnya.

Belajar dari kejadian tersebut, contraflow merupakan sistem rekayasa lalu lintas yang mengharuskan pengemudi mengemudi dari arah berlawanan. Di mana, pengemudi menggunakan jalur tambahan yang diambil berlawanan arah dengan jalur tersebut. 

Tindakan ini diambil sesuai instruksi polisi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Namun seperti dikutip dari Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sonny Susmana, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui saat menggunakan kontrasepsi.

Soni baru-baru ini mengatakan, “Pengendara yang ingin mengambil jalur contraflow sebaiknya tidak melakukannya jika tidak terbiasa dan tidak tahu di mana pintu keluarnya, jika tidak maka pintu keluarnya akan jauh dari tujuannya.”

“Kalau masih belum punya jam terbang yang cukup, belum terbiasa berkendara di contraflow, dan belum bisa mengendalikan kecepatan, sebaiknya hindari dulu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Soni mengatakan, mobil yang melewati contraflow tidak boleh melewati jalur tersebut. Karena meninggalkan jalur ke kanan atau berlawanan arah akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan bahkan adu banteng. 8 pengguna jalan saling bertabrakan di Tangerang, 8 orang luka-luka dalam kejadian tersebut. harfam.co.id.co.id 25 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link