October 22, 2024
Dampak Perubahan Bentuk Bumi pada Ketepatan Zona Waktu

Dampak Perubahan Bentuk Bumi pada Ketepatan Zona Waktu

0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

LONDON – Perubahan iklim, khususnya mencairnya lapisan es di kutub, telah mengubah bentuk bumi dan mempercepat rotasinya.

Hal ini menyebabkan ketidaksesuaian antara Waktu Universal (UTC) yang digunakan di seluruh dunia dan waktu astronomi yang didasarkan pada rotasi bumi.

Ahli Geofisika Duncan Carr Agnew dari Scripps Institution of Oceanography mengusulkan solusi untuk perbedaan ini: detik kabisat negatif. Artinya satu menit akan memiliki 59 detik, bukan 60 detik. Agnew memperkirakan lompatan negatif kedua akan diperlukan pada tahun 2029.

Agnew menegaskan, akibat perubahan iklim, lapisan es Greenland dan Antartika mencair secara besar-besaran, mengubah bentuk planet dan mengurangi kecepatan sudutnya lebih cepat dari sebelumnya.

Karena rotasi bumi yang lambat, Agnew berpendapat bahwa UTC harus menerima detik kabisat negatif, yaitu. satu menit hanya 59 detik – sekitar tahun 2029

Bahkan beberapa tahun yang lalu, detik kabisat diperkirakan selalu bernilai positif dan lebih sering terjadi. Namun jika melihat perubahan rotasi bumi, apa penyebab detik kabisat dan jelaskan apa penyebabnya? akan terjadi perubahan -perubahan negatif,” kata Agnew dalam keterangannya, seperti dilansir IFL Science, Kamis, (28/3/2024).

“Satu detik sepertinya tidak terlalu lama, namun di dunia yang saling terhubung saat ini, kesalahan waktu dapat menimbulkan masalah besar,” ujarnya.

Meski tampak sepele, detik kabisat negatif dapat menimbulkan masalah serius di dunia yang saling terhubung saat ini. Gangguan pada sistem komputer dan jaringan telekomunikasi serupa dengan masalah bug Y2K mungkin saja terjadi.

Menerapkan detik kabisat negatif adalah tugas yang sulit. Koordinasi global dan pengujian komprehensif diperlukan untuk menghindari risiko yang tidak terduga.

Perubahan bentuk bumi akibat perubahan iklim menimbulkan tantangan baru bagi ketepatan waktu global.

Detik kabisat negatif, meski tidak pernah diterapkan, mungkin merupakan solusi yang kita butuhkan. Implementasi yang hati-hati dan terencana sangat penting untuk menghindari gangguan pada sistem yang penting bagi kehidupan modern.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link