October 22, 2024
Profil Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia 2024 Sang Pahlawan Sampah dari Tanah Pasundan

Profil Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia 2024 Sang Pahlawan Sampah dari Tanah Pasundan

0 0
Read Time:3 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta – Harashta Haifa Zahra berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2024 usai mengalahkan Sophie Kira di babak final. Juri yang beranggotakan 12 orang terkesan dengan tanggapan Harashta terhadap alasannya mendukung pembangunan perempuan. Saat MC Choky Sitohang membaca pesan pemenang, raut wajahnya terkejut.

Sophie sendiri menjadi salah satu favorit dalam kontes Miss Indonesia 2024 yang digelar pada malam 8 Maret 2024. Sedangkan Harashta, lahir pada 5 September 2003 di Harut, dikenal dengan nama Haifa Zahra atau Tata. Saat ini sedang menempuh studi Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Nasional Tata (Itenas) Bandung.

Pada 28 Januari 2023, dalam profil Instagram pribadinya, Tata dikenal sebagai inisiasi Ibu Pertiwi. Hal ini terungkap dari permasalahan sampah di Bandung yang 44,2 persen sampahnya merupakan sampah makanan. Tata menilai permasalahan tersebut bermula dari kebiasaan masyarakat sehari-hari yang tidak ada hubungannya dengan hal tersebut.

Melalui Mother Nature, Tata telah berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengatasi permasalahan sampah organik, khususnya sampah makanan. “Upaya tersebut antara lain pemilahan sampah, edukasi pentingnya konsumsi pangan, dan kesadaran akan persyaratan adopsi,” kata Tata.

Keikutsertaan Tata di ajang tersebut membuat Jabar berhasil meraih gelar Puteri Indonesia selama dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, Farhana Nariswari asal Jawa Barat juga berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2023, mengukir sejarah sebagai wakil Indonesia Barat pertama yang meraih gelar Puteri Indonesia sejarah.

Tata berhasil mencuri hati para juri dengan menjelaskan pentingnya peran perempuan dalam percepatan pembangunan nasional. Ia mengatakan, perempuan dan laki-laki harus bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Tata berhasil melaju ke babak empat besar bersama Sophie Kirana dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menempati posisi keempat dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan Hidup. Sedangkan juara kedua diraih oleh Ketut Permata Juliastrid wakil Bali yang dianugerahi predikat “Pariwisata Indonesia”.

Tahun ini, Melati Tedja dari Jawa Timur juga terpilih sebagai pemenang Puteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, penghargaan pertama untuk kategori tersebut. Empat pemenang dinobatkan sebagai pemenang tahun lalu, antara lain: Farhanah Nariswari, Puteri Indonesia 2023, Inasinta Aurellia, Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Lulu Zaharani Hrisna, Puteri Indonesia Pariwisata 2023 dan Dinda Nur Safira, Puteri Indonesia 2023.

Pemenang Puteri Indonesia 2024 merupakan duta Indonesia di berbagai kontes kecantikan internasional seperti Miss International 2024, Miss Supranational 2024, dan Miss Charm 2024. Yang terbaru adalah Miss Cosmo 2024 yang pertama kali digelar di Vietnam pada September 2024. .

Yayasan Puteri Indonesia menjelaskan, Kontes Puteri Indonesia (PPI) merupakan wadah pemilihan ratu kecantikan tertua dan terbesar di Indonesia. PPI menjadikan perempuan sebagai sumber daya manusia terbaik. Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan PT Mustika Ratu Tbk bekerjasama dengan banyak perguruan tinggi negeri dan swasta seperti Universitas Indonesia, IPMI, Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Informatika Bina Sarana.

Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada para pemenang, penerima penghargaan terpilih, dan seluruh finalis. Untuk Puteri Indonesia, 42 finalis akan mendapatkan gelar sarjana atau pascasarjana dari Universitas Nusa Mandiri.

Sedangkan tiga finalis terbaik akan mendapatkan beasiswa magister atau doktoral program Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia. Sayangnya wakil Provinsi Sumatera Barat itu harus mengundurkan diri dari turnamen tersebut karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan untuk mengikuti ajang tersebut.

Seluruh finalis Puteri Indonesia mengikuti kelas yang mulai karantina pada 20 Februari hingga 27 Februari 2024. Karantina hingga 9 Maret 2024, tutorial kecantikan dan pengetahuan produk bersama Mustika Ratu. Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Literasi Keuangan.

Jadwal mereka sangat padat, mulai dari makan malam selamat datang di Plataran, kemudian persiapan mengikuti ajang pencarian bakat di Balai Sarbini, Kostum Nasional dan penyisihan, serta menghadiri kegiatan konservasi mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani ingin menjelaskan kepada murid-muridnya bahwa kecantikan tidak hanya sekedar penampilan saja, namun juga memerlukan kecerdasan dan keterampilan yang selalu dijunjung tinggi. Para finalis diharapkan memahami perilaku sosial dan terus memperbaiki perilakunya.

Putri mengatakan, unsur BE RIGHT menjadi penting di tahun ini ketika masyarakat menghadapi pilihan sulit dalam hidup dan harus memilih mana yang baik dan mana yang benar. Inilah salah satu sifat yang harus dimiliki seorang putri Indonesia. Hal itu diungkapkan Putri dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Westin Jakarta pada Kamis, 29 Februari 2024.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link