October 22, 2024
Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menyampaikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM) pada Minggu (21/4/2024 ). ).

Keduanya adalah Dr. Tria Patrianti, MIKom, dari bagian Humas, dan Dr. Oktaviana Purnamasari, MSi, dari bagian periklanan. Program tersebut meliputi program dosen tamu hasil kerjasama FISIP UMJ dengan kedua universitas.

Dosen tamu meliputi mahasiswa jurusan komunikasi dan komunikasi bisnis serta pekerja sosial. Selama satu jam, mereka dibekali materi berupa konsep ilmiah, praktik, studi kasus, dan hasil penelitian dalam konteks Indonesia.

Tria Patrianti yang berspesialisasi dalam kajian komunikasi lingkungan memberikan kuliah umum tentang “Komunikasi Perubahan Iklim dan Hubungan Masyarakat untuk Aksi Berkelanjutan”. Tria menjelaskan peran humas dalam upaya mengatasi permasalahan perubahan iklim.

Tria memaparkan hasil penelitian terkait komunikasi lingkungan, khususnya Program Kampung Iklim Pekayon Jaya di Bekasi, Jawa Barat. Masyarakat di Desa Iklim Pekayon Jaya terlibat aktif dalam komunikasi, pendidikan dan penyadaran mengenai langkah-langkah mitigasi dan adaptasi.

Climate Village merupakan media penyebaran pesan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia. Hasil penelitian ini juga akan diterapkan pada pengabdian kepada masyarakat bersama mahasiswa FISIP dan Fakultas Teknik UMJ.

Tria menjelaskan kepada mahasiswa yang hadir pada kuliah tamu tersebut bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menghasilkan kesimpulan bahwa pendekatan kehumasan sangat cocok untuk menyusun pesan-pesan yang menarik dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai tindakan mitigasi perubahan iklim dan adaptasinya.

Sementara itu, Oktaviana Purnamasari memberikan materi tentang “Copywriting for Corporate Branding”. Okta menyebut copywriting sebagai alat branding yang paling ampuh. Karena copywriting adalah keterampilan menciptakan pesan menarik yang menginspirasi orang untuk mengambil tindakan.

Ia membagikan hasil penelitiannya mengenai copywriting berbasis empati pada brand makanan cepat saji global di Indonesia di masa pandemi. Hasil penelitian yang ditulis bersama mahasiswa tersebut dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link