October 22, 2024
HP Android Terasa Lemot? Cek Tips Ampuh Bikin Perfoma Lebih Cepat 2 Kali Lipat

HP Android Terasa Lemot? Cek Tips Ampuh Bikin Perfoma Lebih Cepat 2 Kali Lipat

0 0
Read Time:2 Minute, 50 Second

harfam.co.id, Batavia – Beberapa pengguna smartphone terkadang mengalami kendala karena perangkatnya menjadi lambat. Sebab tidak jarang harus dibuat terjatuh secara tiba-tiba hingga patah.

Kondisi ini jarang dirasakan oleh pengguna smartphone baru, karena ponsel Android baru masih terasa responsif dan lancar.

Namun setelah beberapa bulan hingga beberapa tahun, pemicunya sering kali mulai melambat tidak seperti yang pertama kali. Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang menurunkan performa.

Mulai dari aplikasi yang terinstal semakin banyak, ruang penyimpanan yang penuh, hingga aplikasi yang membutuhkan resource besar.

Beberapa faktor tersebut dapat menambah beban pada smartphone, sehingga akhirnya membuat perangkat menjadi lambat.

Jika Anda salah satu pengguna smartphone yang merasakan hal tersebut, simak tips berikut ini untuk mendapatkan performa kencang, bahkan lebih cepat, seperti dilansir ZDNet, Sabtu (24/2/2024). Bagaimana cara meningkatkan kinerja HP ​​Android?

Sebelum Anda mengikuti tips ini, pastikan opsi pengembang diaktifkan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel cerdas Anda. Pesan hingga Telepon. Ketuk Informasi Perangkat Lunak. Lalu ketuk tujuh kali angka bawaan. Setelah itu akan muncul notifikasi “Selamat, sekarang pengembang”.

Sekarang sudah bisa diakses dengan baik. Opsi pengembang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil maksimal dari ponsel pintar Android, karena mereka dapat mengelola lebih banyak fitur dengan cara yang lebih kompleks. 

Setelah pengembang berhasil dibuka, serangkaian opsi pengaturan akan disajikan. Anda punya waktu kali ini untuk fokus mengatur kecepatan animasi di layar smartphone. 

Ada tiga pengaturan skala kecepatan animasi: Skala animasi jendela: Kecepatan aplikasi dan jendela pop-up. Skala animasi transisi: Kecepatan berpindah antara layar utama dan dalam aplikasi. Skala Animator Durasi: Kecepatan animasi UI umum, seperti membuka dan menutup aplikasi, membuka kunci ponsel, dll.

Untuk menskalakan animasi, pilih salah satu pengaturan skala animasi dan ubah nilai skala dari 1x (default) menjadi 0,5x.

Semakin kecil angkanya maka semakin cepat proses animasinya.

Jika Anda tidak ingin menampilkan animasi, Anda juga dapat mematikannya dengan menyetel opsi ke “Animasi Nonaktif”.

Setelah mengikuti tips di atas, cobalah beraktivitas normal di smartphone Anda dan Anda akan merasakan perbedaannya.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, ponsel Anda akan terasa lebih cepat dan responsif.

Jika ponsel masih terasa lemot, mengosongkan ruang penyimpanan bisa menjadi solusi efektif.

Banyaknya aplikasi, game, foto, video, dan gambar yang tersimpan di smartphone Anda dapat memperlambat kinerja perangkat.

Jika registry sudah penuh, Anda dapat melakukan hal berikut: Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Salah satu faktor terbesar yang mengisi ruang penyimpanan Anda dengan cepat adalah aplikasi.

Apalagi jika Anda menginstal aplikasi berukuran besar, seperti game.

Oleh karena itu, menghapus aplikasi yang tidak terlalu diperlukan atau jarang digunakan dapat menghemat anggaran Anda.

Jika Anda ingin mencoba menambah ruang penyimpanan, Anda juga dapat memfilter aplikasi berdasarkan ukurannya.

Ya, Anda bisa menghapus aplikasi berdasarkan kapasitas penyimpanan yang digunakan. 

Dengan Google Foto, Anda tidak bisa hanya menyimpan, mencadangkan, dan mengedit foto.

Anda juga bisa mengosongkan ruang di ponsel cerdas Anda menggunakan Google Foto jika penyimpanan ponsel cerdas Anda terasa penuh.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Buka Google Gambar. Klik ikon profil di kanan atas. Klik “Gambar Gratis” dari menu. Klik untuk mengosongkan ruang ketika aplikasi telah memeriksa semua yang dicadangkan.

Dengan cara ini gambar yang disimpan di penyimpanan Anda akan terhapus. Namun jangan khawatir, foto-foto ini disimpan dengan aman di Google Foto. 

Namun ingat, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan dengan Google Gambar untuk data yang ada.

Jika Anda tidak memiliki cukup penyimpanan, Anda dapat berlangganan Google Storage dengan harga dan opsi penyimpanan yang berbeda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link