October 22, 2024
Aplikasi KoinWorks Mudahkan Pendana Laporkan Pajak Lewat Fitur Unduh Bukti Potong Pajak

Aplikasi KoinWorks Mudahkan Pendana Laporkan Pajak Lewat Fitur Unduh Bukti Potong Pajak

0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

harfam.co.id, Jakarta – Platform investasi dan tabungan P2P KoinWorks mengumumkan pembaruan besar pada layanannya.

Pembaruan yang dimaksud adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses sertifikat pengurangan pajak penghasilan langsung dari aplikasi KoinWorks.

Anda dapat mengakses bukti potongan pajak di aplikasi KoinWorks mulai kuartal pertama tahun 2024.

Direktur Keuangan Jonathan Bryan mengatakan, sponsor memerlukan bukti penghasilan yang dapat dipotong pajak sebagai bukti kredit pajak saat menghitung penghasilan dan melaporkan pajak tahunan yang dilakukan setiap awal tahun.

Untuk itu, menurutnya, aplikasi KoinWorks mempunyai tanggung jawab untuk menyajikan informasi yang transparan dan mudah diakses melalui aplikasi.

“Dengan pembaruan ini, pemberi pinjaman memiliki lebih banyak fleksibilitas dan mengurangi kerumitan administrasi untuk mendapatkan informasi rinci mengenai pengurangan pajak dari bunga yang diperoleh,” kata Bryan.

Ia menambahkan, dengan mengunduh aplikasi tersebut, informasi pemotongan pajak dapat diakses kapan saja dengan lebih mudah. Layanan ini merupakan komitmen KoinWorks untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Karena pendapatan yang tidak mencukupi, KoinWorks menggunakan Kebijakan No. 69/PMK.03/2022 Menteri Keuangan tentang Penghasilan dan Tambahan Pajak Belanja Kementerian Keuangan.

Berdasarkan undang-undang ini, penyedia layanan P2P lending yang terdaftar ditetapkan sebagai pengurang pajak dari pendapatan bunga yang diterima peminjam.

Ketentuan bagi sponsor yang merupakan Wajib Pajak Rumah dan Rumah Berkualitas mendapat potongan PPh pasal 23 dengan tarif sebesar 15% bagi yang memiliki NPWP atau 30% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Aturan ini juga berlaku bagi sponsor yang merupakan wajib pajak luar negeri dengan pemotongan PPh Bab 26 dengan tarif 20% atau berdasarkan ketentuan perjanjian pajak berganda.

 

Donatur di aplikasi KoinWorks dapat mengakses bukti bunga bebas pajak melalui aplikasi seluler di menu Investasi.

Selanjutnya, mereka dapat memilih Unduh Bukti dan Laporan Pengurangan Pajak. Dengan mendownload file ini maka sertifikat pemotongan pajak akan tersimpan di perangkat pengguna dan dapat diakses bila diperlukan.

KoinWorks juga menyelenggarakan presentasi gratis dari konferensi gratis yang diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai pelaporan pajak bunga.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link