October 22, 2024
Gerhana Matahari Total, Sinyal Jutaan Ponsel Terancam Terganggu

Gerhana Matahari Total, Sinyal Jutaan Ponsel Terancam Terganggu

0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – Jutaan wisatawan diperkirakan akan membanjiri lokasi gerhana matahari total pada 8 April 2024. Para ahli memperingatkan bahwa peningkatan pengunjung ini dapat mengganggu jaringan seluler.

Dailymail melaporkan pada Kamis (21/3/2024) diperkirakan satu juta orang akan pergi ke Texas, 500 ribu orang di Ohio, dan hampir 400 ribu orang di Arkansas untuk melihat gerhana matahari total. Hal ini membuat pejabat negara khawatir bahwa peningkatan permintaan ini dapat menyebabkan penundaan koneksi atau terputusnya panggilan.

Untuk mengatasi hal ini, operator T-Mobile mengerahkan titik seluler tambahan yang diperingatkan di lokasi pemantauan gerhana dengan perkiraan lalu lintas wisata yang tinggi.

Misalnya, jika sebuah kota kecil di Ohio menerima 250.000 pengunjung, Verizon akan memasang menara portabel sebelum peristiwa kosmik ini.

“Sinyal ponsel akan menjadi sangat, sangat buruk. Akan ada banyak masalah dengan konektivitas dan hal-hal seperti itu,” kata Rebecca Owensm, direktur Otoritas Manajemen Darurat (EMA) Richland County.

Sementara itu, juru bicara T-Mobile Ulf Ewaldsson menyatakan siap menjaga kualitas jaringannya selama gerhana. “Tim darurat kami bekerja sama dengan pejabat negara bagian dan lokal di seluruh negeri untuk memberikan dukungan tambahan jika diperlukan untuk pertemuan besar,” katanya.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan menutupi seluruh permukaan matahari sehingga menyebabkan atmosfer luar menjadi gelap sesaat pada siang hari. Pertunjukan spektakuler ini akan disaksikan oleh sekitar 32 juta orang di sepanjang jalur sempit Amerika Utara dan Tengah.

Peristiwa ini akan menjadi gerhana matahari total pertama yang terlihat di seluruh dunia sejak Desember 2021, dan yang pertama terlihat di Amerika Serikat sejak Agustus 2017. Durasi gerhana matahari total diperkirakan akan terlihat kurang lebih empat menit.

Namun, gerhana itu sendiri tidak akan mengganggu layanan seluler; peningkatan pengunjung ke daerah tersebut membuat pejabat pemerintah khawatir. AT&T menganalisis lalu lintas jaringan selama gerhana matahari tahun 2017 di Amerika Serikat dan menemukan peningkatan aktivitas pesan teks yang totalnya meningkat lebih dari dua kali lipat selama 24 jam dibandingkan dengan hari Senin pertama. Data menunjukkan peningkatan pesan teks sebesar 40 persen dan peningkatan panggilan suara sebesar 15 persen dalam 24 jam tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link