October 22, 2024
ASEAN 2024 di Laos Sepakati Lanjutkan 3 Prioritas dari Keketuaan Indonesia, Simak Kesepakatannya

ASEAN 2024 di Laos Sepakati Lanjutkan 3 Prioritas dari Keketuaan Indonesia, Simak Kesepakatannya

0 0
Read Time:3 Minute, 32 Second

harfam.co.id, Jakarta – Bank sentral dan kementerian keuangan ASEAN sepakat untuk melanjutkan tiga agenda penting mantan Ketua ASEAN Indonesia di ASEAN 2023.

Menurut situs Bank Indonesia. Pada Senin (4/8/2024), kesepakatan tersebut dicapai pada pertemuan ke-11 Menteri Keuangan ASEAN dan Gubernur Bank Sentral/AFMGM di Luang Prabang, Laos pada 2-5 April 2024.

AFMGM merupakan forum penting untuk diskusi tingkat tinggi mengenai kerja sama antara bank sentral dan kementerian keuangan daerah. Memperkuat persatuan antar negara-negara dalam kelompok ASEAN. Hal ini terutama berlaku pada jalur integrasi ekonomi. Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Bank of Lao PDR (BOL) dan Kementerian Keuangan Laos.

Inspeksi tersebut juga dihadiri oleh perwakilan 10 negara anggota ASEAN: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Tiga agenda yang dicanangkan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 yang akan terus berlanjut adalah:

Pertama, memperluas kerja sama jaringan pembayaran regional atau regional payment network (RPC) RPC yang diluncurkan Bank Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas negara yang lancar dan aman. Laos masih dipromosikan sebagai Keketuaan ASEAN 2024 Laos.

Hal ini menegaskan semakin banyaknya negara yang berminat untuk berpartisipasi dalam kerja sama pembayaran di kawasan ini. Pada tanggal 3 April 2024, yang bertepatan dengan AFMGM ke-11, penandatanganan Perjanjian RPC menandai bergabungnya Laos. negara kedelapan yang menjadi anggota kemitraan RPC.

Saat ini negara-negara yang berpartisipasi dalam kerja sama RPC antara lain Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, Brunei, dan Laos.

Kedua, penggunaan mata uang lokal untuk transaksi lintas batas negara di ASEAN. atau Mata Uang Lokal ASEAN (LCT) dalam AFMGM ke-11, ASEAN LCT Framework yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Ia berhasil mendapat dukungan penuh dari negara-negara ASEAN.

Hal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan penggunaan mata uang lokal untuk transaksi pembayaran lintas negara. Memberikan manfaat bagi pelaku usaha untuk menekan biaya transaksi bisnis. Mengembangkan pasar keuangan yang lebih dalam untuk mata uang domestik dan mengurangi risiko nilai tukar

Ketiga, upaya Indonesia meningkatkan peran Kelompok Kerja ASEAN. Upaya ini bertujuan untuk menjadikan kelompok kerja ASEAN relevan dengan pembangunan ekonomi. Mengembangkan inovasi Meningkatkan adaptasi Untuk memperkuat kerja sama regional dan mencapai integrasi dan stabilitas keuangan pada AFMGM ke-11, para Menteri dan Gubernur Bank Sentral menyetujui proses tingkat tinggi dan kerangka acuan untuk meningkatkan mandat Kelompok Kerja ASEAN.

Saat ini, dua kelompok kerja telah mengubah tanggung jawabnya: Panitia Kerja Sistem Pembayaran dan Penyelesaian/WC-PSS dan Panitia Kerja Rekening Modal (WC-CAL)

Selain itu, ada kelompok kerja lainnya. terkait dengan penguatan inklusi keuangan, pengembangan pasar ekonomi, liberalisasi perdagangan dan integrasi perbankan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Australia memperkuat kemitraannya dengan Asia Tenggara melalui Inisiatif Iklim dan Energi Bersih senilai $10 juta. Hal ini dirancang untuk mendorong upaya bersama di bidang perubahan iklim dan energi bersih.

Program yang diumumkan pada KTT ASEAN-Australia di Melbourne pada Senin (3/4/2024) ini akan menyediakan pendanaan multi-tahun untuk proyek iklim dan energi bersih. Termasuk pengembangan kemampuan teknis dan akan memastikan bahwa Australia dan negara-negara ASEAN berbagi keterampilan dan belajar satu sama lain.

“Perubahan iklim merupakan ancaman nyata bagi kawasan kami. Kami bekerja sama dengan mitra ASEAN untuk mengurangi dampak dan mempercepat transisi energi ramah lingkungan,” kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam pernyataan dari Departemen Luar Negeri Australia.

“Proyek iklim baru dan energi bersih hanyalah salah satu contoh bagaimana kita dapat menciptakan peluang dan mengatasi tantangan bersama-sama.”

Proyek ini akan memungkinkan Persemakmuran dan Persemakmuran dan Wilayah Australia untuk memperluas dan memelihara hubungan jangka panjang dengan mitra-mitra Asia Tenggara dalam perubahan iklim dan transisi energi ramah lingkungan.

“Australia memperkuat kerja samanya dengan mitra-mitra ASEAN kami. Bekerja sama untuk pembangunan wilayah kita. menciptakan peluang produk dan bisnis baru untuk energi ramah lingkungan,” kata Menteri Perubahan Iklim dan Energi Chris Bowen.

“Program Iklim dan Energi Bersih senilai $10 juta akan membantu membangun kapasitas di seluruh negara bagian untuk merespons perubahan iklim dan mempercepat transisi energi bersih.”

Program ini mencakup mekanisme pendanaan yang fleksibel untuk mengakomodasi permohonan dalam negeri. Ini akan menjadi inisiatif pertama dalam program kemitraan antar pemerintah di Asia Tenggara. Hal ini diumumkan oleh pemerintahan Perdana Menteri Anthony Albanese pada tahun 2023.

Proyek ini juga akan mendukung penerapan ‘Investasi: Strategi Ekonomi Asia Tenggara Australia hingga 2040’, yang mengakui pentingnya peran kerja sama antar pemerintah. serta peluang dan tantangan transisi energi ramah lingkungan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link