October 22, 2024
Lewat Jalur Prestasi, Ada 110.088 Siswa yang Diterima PPDB Jakarta 2024

Lewat Jalur Prestasi, Ada 110.088 Siswa yang Diterima PPDB Jakarta 2024

0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

harfam.co.id – Jalur Prestasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta merupakan salah satu jalur penerimaan sekolah di DKI Jakarta yang memperbolehkan siswa diterima berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik. 

Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang berprestasi baik untuk mendapatkan tempat di sekolah pilihannya. Terkait hal itu, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta baru melaporkan terdapat 258 ribu calon siswa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 yang terdaftar hingga 11 Juni 2024.

Jadi pada 12 Juni 2024 pukul 11.00 WIB, pelamar di seluruh jalur berjumlah 258.793 orang. Saat itu yang diterima sebanyak 110.088 orang, kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Gatot. Subroto, Jakarta Selatan, seperti dilansir harfam.co.id.co.id pada Kamis, 13 Juni 2024.

Sedangkan menurut Purwosusil, calon peserta didik baru (CPDB) yang tidak diterima bisa menggunakan jalur lain.

“Iya, setelah itu digarap, jalur prestasinya untuk SMP, SMA, SMK. Setelah itu, anak-anak yang tidak berada di jalur prestasi nanti akan masuk jalur zona,” kata Purwosusilo.

Lebih lanjut ia menambahkan, PPDB tingkat sekolah dasar tidak berhasil. Sebab, yang mereka utamakan adalah jalur zonasi.

Purwo mengatakan, dalam PPDB tahun ajaran 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengatur jalur penempatan di tingkat sekolah dasar. Dimana siswa yang RT atau rumahnya dekat dengan sekolah otomatis diterima.

“Sekolah Dasar sekarang sudah ditata, ada perkembangan kecil. Kalau siswa SD di satu RT masuk zona prioritas satu, otomatis diterima. Sisanya di zona prioritas dua yang bersaing dengan kecamatan,” ujarnya, seperti diberitakan melalui Antara pada Kamis 13 Juni 2024

Seleksi didasarkan pada zona prioritas dan kemudian usia. 

“Baru setelah itu tiba waktunya untuk mendaftar,” katanya.

Ia juga mengatakan seluruh siswa harus mengikuti PPDB sesuai aturan yang berlaku untuk memastikan penerimaannya. Sebab, PPDB ini dipastikan transparan dan tidak ada permainan curang atau backdoor.

Yang penting dia harus ikuti prosedur karena tidak ada kecurangan, semuanya terbuka, ujarnya.

Sekadar informasi, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah membuka PPDB mulai 10 Juni hingga 4 Juli 2024. Pendaftaran PPDB Jakarta bisa dilakukan secara online. Berkat kerja baiknya, JICT berhasil meraih penghargaan pada kategori pendidikan. Menurutnya, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras, dedikasi dan kerja sama berbagai pemangku kepentingan JICT.  harfam.co.id.co.id 4 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link