October 22, 2024
Ratusan Meteor dari 5 Kawah Mars Jadi Ancaman Baru Bumi

Ratusan Meteor dari 5 Kawah Mars Jadi Ancaman Baru Bumi

0 0
Read Time:1 Minute, 17 Second

LONDON — Ratusan meteorit yang berasal dari lima kawah di Mars bisa saja menghantam Bumi, menurut sebuah studi baru.

Ini merupakan penemuan penting karena menunjukkan bagaimana puing-puing dari Planet Merah dibawa ke Bumi akibat benturan besar dengan Mars.

Seperti dilansir Wion News, Mars mengalami beberapa dampak kekerasan yang cukup kuat hingga melemparkan puing-puing dari permukaannya ke luar angkasa. Tabrakan ini menyebabkan material dari kawah Mars terlempar ke orbit Matahari.

Setelah dikeluarkan dari Mars, puing-puing tersebut bergerak melintasi ruang angkasa dalam orbit yang berbeda. Sepanjang perjalanannya, sebagian dari puing-puing tersebut akhirnya berakhir di atmosfer bumi.

Meteorit yang bertahan dalam perjalanan melalui atmosfer bumi jatuh ke permukaan bumi dan dapat ditemukan oleh para ilmuwan. Proses ini seringkali memakan waktu jutaan tahun.

Menurut Chris Herd, profesor ilmu bumi dan atmosfer serta kurator koleksi meteorit UA, penelitian ini akan memungkinkan para peneliti untuk:

Berdasarkan analisis kimia dan isotop, meteorit dapat dikelompokkan berdasarkan asal usulnya dari kawah tertentu di Mars.

Dengan mengetahui sejarah tumbukan dan lokasi meteorit, para ilmuwan dapat lebih memahami kondisi yang menyebabkan terbentuknya meteorit tersebut.

Penelitian ini memberikan wawasan tentang sejarah geologi Mars dan seberapa besar dampak peristiwa tersebut terhadap planet tersebut.

Memungkinkan para ilmuwan membedakan meteorit Mars dengan meteorit dari sumber lain, seperti asteroid atau bulan.

Hal ini juga membantu untuk memahami dinamika tata surya dan bagaimana material dari planet lain dapat berinteraksi dengan Bumi.

Penemuan ini tidak hanya memperluas pengetahuan kita tentang Mars, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana meteorit dari planet lain telah menjadi bagian dari sejarah geologi Bumi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link