October 22, 2024
6 Menu Sehat yang Bantu Usir Flu dan Pilek, Enak dan Mudah Dikonsumsi

6 Menu Sehat yang Bantu Usir Flu dan Pilek, Enak dan Mudah Dikonsumsi

0 0
Read Time:3 Minute, 31 Second

harfam.co.id, Jakarta – Selain batuk dan pilek, gejala umum yang muncul akibat pilek atau flu adalah kurang nafsu makan. Antara tidur dan membangun otot, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah makan, namun penting untuk tetap bugar agar tubuh Anda dapat melawan virus. Tahukah Anda bahwa semua makanan diciptakan sama dan Anda mungkin punya gambaran tentang apa yang harus Anda makan saat Anda sakit.

“Karena pilek dan flu disebabkan oleh virus, maka diet dengan antibiotik dapat membantu Anda pulih lebih cepat,” ujar Monica Auslander Moreno, RD, konsultan nutrisi RSP Nutrition, seperti dilansir Women’s Health.

Anda mungkin tergoda untuk makan junk food, tapi berpikirlah dua kali sebelum memesan pizza dan membeli es krim.

“Penyakit dapat menyebabkan kekurangan nutrisi sementara, terutama protein, vitamin B, tembaga, zat besi, vitamin C, dan seng,” kata Melinda R. Ring, MD, seorang dokter penyakit dalam integratif di Northwestern Medical Group.

“Pilihan yang baik adalah buah-buahan dan sayuran yang sehat.”

Ia menambahkan, kekurangan gizi membuat tubuh kebal terhadap penyakit virus dan menimbulkan masalah seperti pneumonia.

Alkohol, kafein, makanan berlemak, dan makanan berlemak juga dilarang selama pilek dan flu, menurut Kristin A.R. Gustashaw, RD, di Universitas Rush di Chicago. Alkohol dan kafein menyebabkan dehidrasi dan menghambat respon imun, sedangkan makanan tinggi lemak dan serat sulit dicerna dan dapat memperburuk gejala GI yang Anda alami.

“Mendapatkan banyak air membantu detoksifikasi tubuh Anda,” kata Gustashaw.

Ingin tahu menu sehat yang cocok disantap saat sedang sakit?

 

Ada alasan mengapa wanita menganjurkan makan sup ayam saat muncul gejala hidung tersumbat atau gejala pilek lainnya.

Kaldu ayam tidak hanya menyediakan cairan yang Anda perlukan untuk membantu melawan virus, tetapi juga membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan gejala dan menyebabkan flu biasa.

Kaldu ayam berserat tinggi adalah sumber natrium dan kalium yang baik, dan kaya akan nutrisi, kata Gustashaw. Wortel, seledri, dan bawang bombay menyediakan vitamin A dan C, sedangkan bintang utamanya, ayam, kaya akan protein dan seng.

Belum lagi, air hangat menenangkan tenggorokan dan dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, kata Gustashaw. Ditambah lagi, air merupakan bahan utama dalam sup, artinya Anda akan mendapatkan air yang dibutuhkan saat menyantap makanan lezat dan sehat di rumah.

 

Vitamin C yang melimpah pada buah jeruk merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi mulailah mengonsumsi C jika Anda belum melakukannya, dan lain kali jadikan C sebagai bagian dari sistem kekebalan Anda.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen atau dari buah jeruk yang kaya vitamin, paprika merah, brokoli, kubis Brussel, butternut squash, pepaya, ubi jalar, dan tomat.

 

Bahan-bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini seringkali menghasilkan aroma yang unik. Namun ada baiknya untuk menikmati rempah-rempah ini (bersama dengan sifat antivirus dari bawang bombay, bawang merah, dan bawang bombay) untuk melawan flu yang parah.

“Ini telah lama dikenal karena kemampuannya membantu sel pembunuh alami menghilangkan penyerang,” kata Moreno.

Bawang putih, khususnya, mengandung allicin, yang dikaitkan dengan sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiparasit, dan antioksidan.

Makanan ini merupakan sumber vitamin C yang baik, dan dapat membantu memperbaiki penyumbatan usus, kata Gustashaw.

 

 

Jahe dikenal sebagai makanan terbaik untuk mengobati pilek karena senyawa yang disebut seskuiterpen, yang terutama melawan rhinovirus, keluarga flu yang paling umum, dan khasiatnya yang mengurangi batuk. Ia juga mengandung gingerol anti inflamasi yang dapat melawan infeksi.

Menambahkan beberapa sendok makan jahe ke dalam teh hijau Anda bisa membantu, tetapi Anda juga bisa mendapatkan teh jahe, sirup jahe, atau bir jahe asli, meskipun banyak makanan kaleng yang mengandung jahe asli.

 

 

Madu digunakan untuk mengobati segala hal mulai dari luka bakar (menuangkan madu mentah pada luka untuk mempercepat penyembuhan) hingga luka dan goresan (karena madu bertindak sebagai hidrogen peroksida).

Karena menjadikan tenggorokan Anda makanan yang sempurna untuk pilek dan sakit tenggorokan, serta sifat antioksidan dan antimikroba alaminya membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

Madu juga dapat membantu mengurangi batuk dan meningkatkan fungsi pernafasan, kata Gustashaw. Ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur, yang dibutuhkan saat Anda gelisah.

 

Jika Anda seorang vegetarian, sup tomat adalah alternatif yang bagus untuk sup sayur ayam. Tomat mengandung antioksidan likopen.

Sebuah studi dari The Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa suplementasi likopen selama 8 minggu mengurangi gejala stres oksidatif (ketidakcocokan antioksidan dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi selama penyakit), Megan Meyer, direktur ilmu komunikasi. di Yayasan Dewan Informasi Pangan Internasional.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link