October 22, 2024
11 Cara Membuat Cireng yang Renyah dan Anti Gagal, Bisa Jadi ide Jualan

11 Cara Membuat Cireng yang Renyah dan Anti Gagal, Bisa Jadi ide Jualan

0 0
Read Time:7 Minute, 25 Second

harfam.co.id, Jakarta Cireng atau Eki Goreng merupakan masakan tradisional Sunda yang terkenal dengan rasanya yang kenyal dan nikmat. Banyak orang menyukai makanan yang dibakar, tetapi tidak semua orang tahu cara membuatnya renyah dan sukses. Dengan resep yang tepat, Anda tidak hanya bisa menikmati sereng sempurna di rumah, tapi juga menjadikannya ide pemasaran yang menguntungkan.

Pembuatan sereng renyah memerlukan bahan sederhana seperti tepung tapioka, air, bawang putih dan bumbu lainnya. Cara memasaknya adalah dengan membuat adonan yang tepat, sehingga hasilnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk.

Saieng yang sempurna bisa menjadi favorit keluarga atau dijual sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan menambahkan variasi isian seperti keju, ayam atau sosis, sereng bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Berikut harfam.co.id ulas cara membuat sereng yang jelas dan tidak efektif Rabu (12/6/2024) dirangkum dari berbagai sumber.

Bahan: 200 gram tepung kanji 1/2 sdt penyedap rasa 1/2 sdt lada hitam bubuk Air secukupnya

Cara membuat tiga sereng: Rebus air hingga mendidih. Campur tepung terigu dengan bumbu halus dan lada hitam bubuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam tepung. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu keras, haluskan saja. Anda tidak perlu mengaduknya dengan baik, tidak masalah jika ada sedikit gumpalan di dalam adonan. Dengan menggunakan tangan, pukul bagian pipi hingga matang. Goreng hingga kering dan matang. Sereng renyah siap dihidangkan dengan sambal rajik.

  2. Resep Lek Sereng

Bahan: Pati 250 gram, tepung terigu 50 gram, bawang bombay 1 buah, seledri 1 sendok makan cincang, air panas, sejumput minyak goreng, secukupnya.

Bumbu halus : 4 siung bawang putih 2 sdt garam 1/2 sdt bumbu ayam 1 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat Serengeti Daun Bawang: Campur tepung kanji bubuk dan terigu. Tambahkan daun bawang dan seledri, aduk rata. Masukkan bumbu halus ke dalam campuran tepung. Tambahkan sedikit air hangat, aduk rata dan uleni adonan hingga kalis. Bentuk adonan menjadi lingkaran. Gulung adonan menjadi seukuran bola pingpong dan ratakan. Panaskan minyak, goreng adonan pipih hingga matang. Tanda masaknya gosong adalah ketika digoreng akan menggembung dan mengapung di atas minyak. Angkat cabai merah yang sudah matang dan sajikan dengan saus kacang, tomat manis atau saus mayones.

Bahan: Pati 250g 1 batang daun bawang, 5 sosis ayam cincang halus, 100g tepung terigu, 2 siung bawang putih, garam dan 1 sendok teh batang seledri, ayam cincang – 2 sendok makan keju parut, 1 sendok makan keju, garam chutney atau tomat secukupnya

Cara Membuat Serengeti Dengan Paneer : Masukkan tepung kanji dan tepung ke dalam mangkuk, Cara Membuat Serengeti Dengan Paneer, masukkan bawang putih cincang, daun bawang dan seledri, bumbu halus dan garam. Aduk rata. Untuk isian keju, tambahkan air perlahan hingga adonan kalis dan terasa adonan mulai terbentuk. Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu bisa dibuat isian keju, tambahkan sosis dan keju. Anda juga bisa membagi isiannya sesuai selera. Untuk membuat pie keju, gulung menjadi lingkaran seperti membuat bakso hingga isiannya tertutup. Goreng sereng hingga matang.

  4. Resep Cireng Isi Ayam Taichan

Topping : 1/4 potong dada ayam Segenggam cabai rawit

Bahan: 300 gr tepung kanji 150 gr tepung terigu 500 ml air hangat garam

Cara membuat Serengeti Isi Ayam Taichon: Haluskan bawang putih dan cabai. Tumis hingga harum, tambahkan sedikit air, lalu tambahkan gula pasir, garam dan kaldu jamur lalu isi sereng dengan ayam taichon. Tingkatkan rasanya. Tinggal masukkan ayam yang sudah di marinasi, cara membuat ayam bakar taichen lengkap, aduk hingga bumbu tercampur rata. Masak hingga cairan meresap dan cairan dari ayam berkurang drastis. Setelah itu matikan api, angkat dan biarkan dingin. Buat adonan yang gosong. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah, lalu tambahkan air panas sambil diaduk dengan sendok kayu. Tunggu sampai panas, cara membuat gulai ayam taichen tambahkan kanji. Sambil terus menguleni dengan tangan cara membuat Serengeti Isi Ayam Taichun, masukkan air matang sedikit demi sedikit. Uleni hingga halus. Uleni adonan hingga kalis dan agak kental. Cetak lingkaran dengan diameter sesuai cetakan. Ulangi proses pembuatan Taichen Chicken Filling hingga adonan habis. Buat serengnya, isi dengan ayam dan keju jika suka. Ulangi proses tersebut untuk membuat sereng isi ayam taichen. Goreng dalam wajan sampai berwarna coklat. Tiriskan dan sajikan panas.

Bahan: 5 buah sosis ayam. Hentikan itu. Seledri – 1 batang. Potong dengan baik. Ayam manis 2 sendok makan tepung kanji 250 gram keju 1 sachet. Potong menjadi kubus. 1 batang daun bawang. Potong dengan baik. Saus cabai atau tomat. Sesuaikan dengan selera pribadi. Tepung terigu 100 gram garam 1 siung bawang putih 2 siung. Bubur

Cara Membuat Sosis Keju Sereng: Masukkan tapioka bubuk ke dalam mangkuk, tambahkan bawang putih tumbuk, bawang bombay dan seledri cincang, bumbu halus dan garam. Aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga terasa adonan mulai terbentuk. Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu tambahkan sosis dan keju. Atau Anda dapat memisahkannya. Kejumu, sosismu. Anda bisa menambahkan chutney ke dalamnya sesuai selera Anda. Bentuk bola-bola seperti membuat bakso hingga isinya tertutup. Setelah adonan jadi. Mulailah menggoreng sampai matang. Sireng siap disajikan dengan isi sosis dan keju.

  6. Resep Sereng Ayam

Bahan: 200 gr tepung terigu 200 gr tepung tapioka 1 daun bawang bombay cincang halus 600 ml air hangat

Bumbu halus : 4 siung bawang putih 1 siung bawang merah 1 sdt garam ¼ sdt lada hitam giling

Bahan Isian: 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 7 butir burung merah, 1 wortel, 100 gr ayam giling, ½ sdt gula pasir, ¼ sdt garam.

Cara membuat ayam sereng : Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah dan wortel, masukkan ayam, aduk rata, tambahkan gula dan garam, masak hingga matang. Campur tepung terigu, tapioka dengan bawang putih, bawang merah, garam dan cabai giling. Campur. Campur tepung terigu, bawang bombay dan air panas hingga tercampur rata, masukkan bahan isian masak hingga matang.

Bahan: 300g tepung kanji putih 100g tepung terigu halus 4 siung bawang putih Garam dan lada hitam giling Daging sapi secukupnya.

Cara membuat sereng sapi: Kupas separuh bawang putih sangrai. Rebus segelas air bersama bawang putih yang dihaluskan hingga mendidih. Siapkan tepung terigu di wadah lain, siram dengan air rebusan bawang bombay. Bumbui dengan garam dan merica, lalu aduk hingga rata. Jika adonan sudah kalis, masukkan tepung kanji perlahan-lahan sambil diuleni hingga adonan kalis. Jika adonan tidak menempel di tangan berarti sudah siap untuk dibentuk. Siapkan alas datar yang dialasi plastik bening lalu pipihkan adonan. Letakkan isiannya, lalu lipat. Setelah semuanya siap, panaskan minyak dan panaskan saring.

  8. Resep es krim

Bahan: 2 siung bawang putih. Haluskan Air murni 250 cc Tapioka bubuk 1/4 kg daun bawang 1 batang. Potong dengan baik. Santan instan (gelap) 1/2 bungkus bumbu ayam 2 sdt garam 1 sdt

Cara membuat Sereng Salju: Masukkan bubuk tapioka ke dalam mangkuk, tambahkan bawang putih tumbuk, bawang merah cincang, masala dan garam. Aduk rata. Siapkan panci dan didihkan air. Lalu tambahkan santan. Tunggu sampai mendidih. Tambahkan santan ke dalam adonan pertama secara perlahan hingga adonan benar-benar halus. Setelah adonan kalis dan terasa mudah dibentuk, mulailah membentuk adonan menjadi bola-bola kecil yang pipih. Setelah semua adonan jadi, mulailah memanaskan minyak goreng. Goreng adonan hingga salju sereng siap dihidangkan.

Bahan : 250 gram tepung kanji 1 bungkus penyedap rasa sejumput garam 4 siung bawang putih Kurang lebih 2 gelas air.

Bahan Isi: Minyak secukupnya untuk menggoreng 1 butir telur

Cara Membuat Telur Tenang : Kocok telur, masukkan bumbu halus dan masukkan minyak goreng, sisihkan, panaskan air dan bawang putih hingga mendidih hingga bahan lainnya tercampur. Panaskan minyak dan goreng sereng dengan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan.

  10. Resep Pengawetan Udang

Bahan: 65 gram udang kupas 2 siung bawang putih 50 gram bubuk tapioka 200 ml air Daun bawang cincang Seledri cincang Minuman secukupnya Lada hitam secukupnya Garam secukupnya 165 gram tapioka bubuk Tepung terigu

Cara membuat Sirene Udang : Campur tepung tapioka dan tepung terigu, lalu ayak. Kemudian haluskan udang, bawang putih, bumbu halus, lada hitam dan air 50ml dengan blender hingga halus. Lalu masukkan adonan udang ke dalam mangkuk, tambahkan campuran tapioka bubuk, daun bawang dan seledri, lalu tambahkan sisa air. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan pada adonan. Masak dengan api kecil hingga matang. Masukkan campuran udang ke dalam tepung tapioka dan tepung terigu. Lalu blender hingga halus. Balurkan tangan Anda dengan tepung tapioka agar tepung tidak menempel di tangan Anda. Buat lingkaran di sekelilingnya, lalu ratakan. Ulangi hingga adonan habis. Setelah semuanya matang, goreng dalam minyak panas, dengan suhu rendah hingga matang.

  11. Resep ikan bakar

Bahan: 200g tepung tapioka 75-100g kaldu ikan 200ml air 2 siung bawang putih 1 daun bawang, 1 seledri cincang halus, garam cincang halus Ayam secukupnya (opsional). Tambahkan lada hitam secukupnya, kanji secukupnya, minyak untuk taburan dan goreng sesuai selera.

Cara membuat Sereng: Campur bawang putih, lada hitam, garam dan kaldu ayam. Bilas fillet ikan dengan blender atau food processor, lalu campur dengan bumbu halus. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan ikan yang sudah matang. Tambahkan bubuk tapioka, seledri dan daun bawang. Aduk hingga mengental, warnanya bening dan bisa dihaluskan dengan tangan. Ambil segenggam kecil adonan, lalu pipihkan hingga lebar 1-2 cm. Taburi dengan sedikit kanji agar tidak lengket. Panaskan minyak goreng dalam jumlah besar, lalu panaskan wajan hingga matang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link