October 22, 2024
Pneumonia dan Paru-Paru Basah, Penyakit yang Sama atau Berbeda Sih?

Pneumonia dan Paru-Paru Basah, Penyakit yang Sama atau Berbeda Sih?

0 0
Read Time:1 Minute, 10 Second

harfam.co.id, Jakarta Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah paru-paru basah. Ada yang bilang kata itu merujuk pada pneumonia. Padahal, sepertinya ini adalah dua jenis penyakit dengan penyebab berbeda. 

“Keduanya sangat berbeda,” kata Prof Tajandra Yoga Aditama, Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Tjandra menjelaskan, pneumonia merupakan penyakit peradangan atau paru-paru. Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh bakteri seperti pneumokokus, streptokokus dan lain-lain, atau virus seperti COVID-19 dan mungkin virus lainnya, dan terkadang juga disebabkan oleh parasit. Tidak ada waktu medis untuk paru-paru basah

Saat ini, kata Tjandra, paru-paru basah bukanlah istilah medis. Yang orang sebut pneumonia adalah penyakit yang disebut efusi pleura.

“Sebenarnya cairan itu bukan berada di paru-paru, melainkan di dalam cincin di sekitar paru-paru, tepatnya di antara selaput yang menutupi paru-paru (disebut pleura visceral) dan selaput yang menutupi bagian dalam dinding dada (pleura parietal). ), “kata Tjandra Kesehatan dalam keterangan yang ditulis harfam.co.id pada Jumat, 13 September 2024.

Ada tiga penyebab terbentuknya cairan ini, yaitu: Penyakit seperti TBC atau radang lainnya) Kanker Terganggunya protein dalam tubuh.

 

Setelah mengetahui penyebab penyakit radang paru-paru dan radang paru-paru atau penyebab efusi pleura di permukaan, masyarakat hendaknya memahami bahwa penyakit ini tidak terjadi saat mandi atau kipas angin di malam hari. 

Lalu penyebab penyakit pneumonia adalah tidak mandi malam atau tidak meniupkan udara dengan kipas angin. Itu hanya mitos,” kata Tajandra.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link