October 22, 2024
Ramai Konten ASMR di Medsos, Ternyata Ada Manfaat Mendengarkannya

Ramai Konten ASMR di Medsos, Ternyata Ada Manfaat Mendengarkannya

0 0
Read Time:2 Minute, 52 Second

harfam.co.id, Jakarta Banyak sekali konten ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response di YouTube dan media sosial. Banyak orang suka mendengarkan orang yang makan, mengunyah, dan menangis.

Siapa sangka hal ini bisa mengembalikan ketenangan dan memberi energi pada sebagian orang, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Meski ASMR dapat membantu orang rileks dan tidur lebih nyenyak, tidak semua orang mengalaminya.

Sebuah studi terbaru dari University of Northumbria di Inggris menunjukkan bahwa orang dengan neurotisisme tinggi dan sering mengalami kecemasan lebih mungkin mengalami dan mendapatkan manfaat dari ASMR.

Laporan Verywell Mind pada Sabtu 20 April 2024 Konten ASMR seringkali menampilkan suara lembut, perhatian pribadi, melacak objek dengan jari atau alat, dan beberapa sentuhan lembut lainnya yang membuat penontonnya nyaman. Meskipun sebagian orang menganggap ASMR menenangkan, sebagian lainnya tidak menganggapnya menarik.

Untuk menyelidiki hal ini, peneliti mengevaluasi tingkat pengalaman neurotisisme dan kecemasan pada orang yang mengalami ASMR dan mereka yang tidak mengalami ASMR, sebelum dan sesudah menonton video dengan penggemar ASMR populer.

Analisis menunjukkan bahwa peserta yang mendengarkan ASMR memiliki tingkat neurotisisme dan kecemasan yang lebih tinggi. Para peserta juga melaporkan tingkat kecemasan yang lebih rendah setelah menonton video tersebut.

“Ketika kami mempertimbangkan tingkat neurotisme, kecemasan, dan jumlah orang yang menyukai video ASMR, kami menemukan bahwa tingkat ini juga dapat menjelaskan penurunan kecemasan,” kata penulis studi Joanna Greer, PhD.

“Hal ini menunjukkan bahwa ASMR dapat dianggap sebagai cara untuk mengobati gangguan kecemasan secara umum,” kata Greer.

Menurut Greer, karena kita hidup di zaman yang mendukung kesehatan mental, banyak orang yang menyadari dampak kecemasan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa orang mungkin tidak memerlukan intervensi klinis untuk mengatasi kekhawatiran mereka sehari-hari, dan tidak ada obat yang dapat menyembuhkan semua orang, itulah sebabnya intervensi seperti ASMR dapat membantu.

“Jika kita dapat meningkatkan pilihan yang tersedia bagi masyarakat untuk membantu mengatasi kecemasan, namun hal itu berdampak pada kualitas hidup mereka, itu akan lebih baik lagi,” kata Greer.

Apakah naiknya popularitas ASMR disebabkan meningkatnya kecemasan di dunia? Mungkin, kata Brown. 

Terlepas dari cara penggunaannya, jika ASMR dapat mengurangi kecemasan, maka ASMR merupakan alat yang berisiko rendah dan mudah diakses untuk meningkatkan kesehatan mental.

Psikolog Gregory Scott Brown, MD, penulis pikiran penyembuhan diri, setuju dengan Greer, sebagai pengobatan yang aman dan efektif untuk kecemasan, pengalaman psikologis yang sangat umum dan diperlukan untuk eksplorasi dan perhatian.

Brown terpesona dengan penelitian ini karena dia belum melihat banyak psikiater mendiskusikan ASMR dengan pasiennya. Meskipun ia tidak mengetahui secara pasti ciri-ciri apa yang terkait dengan pengalaman ASMR, ada kemungkinan bahwa orang neurotik lebih rentan mengalami kecemasan dasar.

“Orang yang lebih neurotik cenderung terpengaruh oleh lingkungan eksternalnya, terutama jika mereka memandang lingkungannya negatif,” kata Brown.

Jika orang neurotik awalnya merasa cemas, mereka mungkin akan merespons hal-hal seperti ASMR dengan lebih kuat, yang dapat membantu mengurangi kecemasan mereka, tambahnya.

Menurut WebMD, ASMR dapat membantu Anda rileks dan membantu Anda tidur. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa kebanyakan orang suka menonton video suara dan suara yang memicu ASMR sebelum mereka tertidur.

Studi yang sama mengamati bagaimana ASMR dapat mengubah suasana hati Anda. Kebanyakan orang melaporkan bahwa memicu ASMR membantu mereka mengatasi gejala depresi. Namun, ini hanyalah perbaikan sementara. Efeknya hilang beberapa jam setelah deringnya hilang.

Para ilmuwan tidak mengetahui apa yang menyebabkan ASMR atau apakah ASMR dapat mengatasi hal-hal seperti stres, insomnia, kecemasan, ketakutan, atau depresi. Hal ini disebabkan karena pengalaman setiap orang dengan ASMR berbeda-beda. Para ilmuwan berharap lebih banyak penelitian tentang otak selama ASMR akan memberikan lebih banyak bukti mengenai hal ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link