October 22, 2024
Inovasi Pakan Organik Ayam Kampung di RBI Sintong Pusaka: Murah-Ramah Lingkungan

Inovasi Pakan Organik Ayam Kampung di RBI Sintong Pusaka: Murah-Ramah Lingkungan

0 0
Read Time:2 Minute, 48 Second

Riau, Wiwa – Sekelompok mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Sharif Qasim tentang peternakan ayam kampung di Rumah Belajar Inovatif (RBI) Sintong Pusaka yang dibangun Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Riau Bersemangat tahu. . ) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), pada Sabtu 31 Agustus 2024 bertempat di Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Tanah Putih.

Para mahasiswa hadir menyaksikan inovasi peternakan ayam kampung yang dikembangkan kelompok peternak dengan pemberian pakan organik. Pakan organik diperoleh dengan cara menanam belatung dan azol sebagai bahan pakan organik. 

Memilih pakan ayam kampung organik karena menurunkan biaya produksi stok ayam lebih murah dan ramah lingkungan. 

Mohi Yusuf, Ketua Kelompok Kerja Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), menjelaskan pakan olahan organik mengandung belatung dan azol yang membuat bahan pakan organik kaya akan nutrisi dan protein untuk ayam kampung Selain sebagai bahan organik untuk pakan ternak, belatung juga berfungsi menguraikan sampah organik sehingga tidak mencemari lingkungan. 

Menurutnya, dalam proses pengembangan usaha tersebut, pengelola RBI dan peternak ayam bekerja sama dengan pengelola pasar Sintong Pusaka Kepenguluan untuk mengumpulkan sampah organik seperti sisa sayuran dan ikan dari pasar. 

Yusuf mengatakan, setidaknya 90% sampah yang dikumpulkan merupakan sampah organik di pasar yang diolah Maggot dengan cara yang ramah lingkungan. Temuan ini sangat bermanfaat bagi kelompok peternak ayam kampung khususnya Rumah Belajar Inovatif (RBI) Sintong Posaka. 

Integrasi peternakan ayam kampung dengan budidaya maggot dan azolla merupakan sebuah inovasi dalam membangun ketahanan pangan di tengah tantangan perubahan iklim akibat pemanasan global, kata Moh Yusuf dalam keterangannya, Senin, 2 September 2024.

Melalui penemuan BRGM dan PT PHR, Yusuf mendorong skenario adaptasi perubahan iklim berbasis partisipasi masyarakat. Teknik peternakan ayam kampung yang terintegrasi dengan upaya pengolahan sampah organik dan anorganik merupakan model yang patut dikembangkan dan melibatkan seluruh masyarakat desa. 

“BRGM RI sangat senang dengan inisiatif masyarakat di Kecamatan Sintong Pusaka untuk mendaur ulang sampah guna meningkatkan perekonomian. katanya.    Dalam kesempatan yang sama, Konsultan Hukum dan Pembangunan Chakra Green Sp Yunan Firdaus mengatakan, RBI yang dibangun dengan bantuan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina di Sintong Posaka Kapengolwan, Kecamatan Tanah Putia, Kabupaten Rokan Hilir telah musnah Hulu Rokan (PZR) pada tahun 2022. 

Menurutnya, selain menggalakkan peternakan ayam organik yang terintegrasi dengan budidaya maggot dan azula, RBI juga mengembangkan inovasi peternakan organik dengan metode New Bernland Tillage (PLTB). 

“Ini merupakan kemitraan antara PT PHR dan BRGM untuk upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang akan dilaksanakan mulai tahun 2022,” ujarnya. 

Sementara itu, Manajer Corporate Social Responsibility (CSR) PHR, Pandjie Galih Anoraga mengatakan, komitmen terhadap pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati merupakan salah satu fokus utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR. 

“Kolaborasi dengan BRGM RI merupakan upaya untuk menjadikan alam dan lingkungan hidup lestari dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya.  

Mereka berharap RBI dapat dijadikan pusat pembelajaran masyarakat untuk mendukung kemitraan PT PHR dan BRGM. Oleh karena itu, pada tahun 2024 akan dilaksanakan program partisipatif di 9 desa yang mencakup fokus kegiatan yaitu pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan, kebakaran hutan rutin bagi KKL (masyarakat peduli kebakaran).

“Ada 9 lokasi desa di dua kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan tersebut yaitu Rokan Hilir dan Bunkleys yaitu Kapengolwan Sintong Pusaka, Sintong Bakti, Banko Jaya, Sikeladi Hilir, Rantau Bes, Telok Nilap, Ranta Kopar, Desa Bumbang dan Tatani.Desa”, jelasnya.  Kuasai pasar Indonesia dengan inovasi teknologi terkini TCL berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi konsumen di Indonesia. harfam.co.id.co.id 10 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link