October 22, 2024
Roda Pesawat Boeing United Airlines Copot Saat Lepas Landas, Penumpang Selamat

Roda Pesawat Boeing United Airlines Copot Saat Lepas Landas, Penumpang Selamat

0 0
Read Time:3 Minute, 43 Second

harfam.co.id, Jakarta – Penerbangan United Airlines mendarat dengan selamat di Denver pada Senin 8 Juli 2024 setelah ada roda yang terlepas dari pesawat saat terbang dari Los Angeles.

Mengutip CBS, Selasa (9/7/2024), pejabat Bandara Internasional Denver menyebutkan United Flight 1001, sebuah Boeing 757-200, mendarat di DIA sebelum pukul 11.00. setelah roda roda pendaratan belakang pesawat lepas saat lepas landas. LAKS. Tidak ada korban luka yang dilaporkan di antara 174 penumpang dan tujuh awak kapal.

United Airlines mengatakan penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab ban pecah. 

Sementara itu, Allen Stubblefield melakukan perjalanan dari California Selatan ke Iowa dengan penerbangan lanjutan di Denver. Dia terbang secara rutin ke tempat kerja dan tidak pernah melakukan pendaratan darurat. Dia mengatakan lepas landas tampak normal, namun di tengah penerbangan pilot memanggil PA dan mengatakan dia akan melakukan pendaratan darurat di Denver.

“(Saya) melalui banyak prosedur keamanan dan Anda sampai pada titik di mana Anda mendengarkan setengah atau tidak,” katanya.

Stubblefield mengatakan dia tidak mendengar keluhan atau ketakutan dari penumpang. Namun menurutnya pendaratan ini tidak mulus. “Pendaratannya bukan yang paling mulus dan saya tidak menyangka hal itu akan terjadi. Itu mengejutkan, tapi itu saja,” kata Stubblefield.

Catatan menunjukkan bahwa beberapa pilot lain memberi tahu pengawas lalu lintas udara bahwa rodanya terlepas.

“Ada band yang datang dari B757 yang sedang lepas landas. Kami melihatnya melewati B7-B8,” kata salah satu pilot.

“Tower, United 1001, kami telah diberitahu bahwa ada ban yang meledak di pesawat Anda,” demikian isi pesan yang ditujukan kepada pilot United.

Pada awal Maret, sebuah United Airlines Boeing 777 mendarat dengan selamat di LAX setelah kehilangan ban tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional San Francisco. Ban tersebut melindas mobil dan merusak beberapa mobil lainnya.

Sebelumnya, memo internal yang dikirim oleh serikat pilot mengungkapkan bahwa United Airlines telah meminta pilotnya untuk mengambil cuti sukarela yang tidak dibayar pada bulan Mei karena keterlambatan pengiriman unit pesawat Boeing. 

“Karena penundaan pengiriman, perkiraan jam operasional kami pada tahun 2024 telah dikurangi dan kami menawarkan program sukarelawan untuk pilot kami untuk bulan Mei guna mengurangi pekerja yang mubazir,” kata United Airlines dalam pernyataannya Senin seperti dikutip CNN, Rabu. 3/4/2024).

Hal ini juga terjadi ketika industri memperingatkan akan kurangnya alat tes karena angkatan kerja mulai menua setelah adanya PHK selama pandemi Covid-19.

Memo tersebut juga mencatat bahwa program sukarelawan ini dapat diperpanjang hingga musim panas dan musim gugur. Tawaran tersebut berarti perusahaan akan tetap membayar sejumlah tunjangan saat pilot sedang tidak bertugas.

Insiden tersebut menunjukkan dampak krisis produksi Boeing menyebar ke seluruh operasional maskapai penerbangan, khususnya Amerika, dimana 81% operasi intinya menggunakan pesawat Boeing. Federal Aviation Administration (FAA) memantau United lebih dekat setelah serangkaian hampir selusin insiden di maskapai tersebut. 

United Airlines mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan perekrutan pilot baru “karena sertifikasi pesawat baru yang sedang berlangsung dan penundaan produksi di Boeing.”

Southwest Airlines, yang hanya mengoperasikan Boeing 737, juga akan mempekerjakan 50% lebih sedikit pilot dan 60% lebih sedikit pramugari tahun ini dari yang direncanakan, karena Boeing memangkas pengiriman ke maskapai tersebut sekitar 40%. Badan tersebut juga akan mengurangi kapasitasnya dari rencana sebelumnya, dengan menyediakan kursi sekitar 1 persen lebih sedikit dari yang direncanakan.

 

CEO United Scott Kirby mengatakan kepada investor pada Maret 2024 bahwa perusahaannya sedang mempertimbangkan untuk membeli lebih banyak pesawat dari saingan Boeing, Airbus.

Awal tahun ini, dia mengatakan insiden Alaska Air – di mana sebuah Boeing 737 Max 9 kehilangan penahan pintu di tengah penerbangan pada tanggal 5 Januari, menyebabkan lubang di sisi pesawat – adalah “jerami yang mematahkan” punggung unta. kembali” dalam rencananya untuk merilis Max 10 dalam waktu dekat.

United menggunakan lebih banyak pesawat Boeing dibandingkan pesaingnya American Airlines dan Delta Air Lines, yang hanya memiliki sekitar setengah armadanya dari Boeing. Serikat pekerja mengatakan pada Senin, 1 April 2024, masalah pengiriman terkait dengan armada 787 dan 737.

Pada tanggal 15 Maret, sebuah United Boeing 737-800 mendarat di Medford, Oregon dengan panel luarnya hilang, meskipun tidak ada penumpang yang terluka.

 

 

Juga di bulan yang sama, pesawat United Boeing lainnya terbakar dari mesinnya setelah lepas landas, satu pesawat tergelincir dari landasan pacu, satu pesawat kehilangan roda saat lepas landas, dan satu lagi kehilangan air.

“Meski tidak semuanya berkaitan, saya ingin Anda tahu bahwa peristiwa ini memprihatinkan dan telah meningkatkan fokus kami,” kata Kirby dalam pesannya pada bulan Maret kepada kliennya.

Boeing menjadi sorotan sejak insiden Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines.

Ini bukan kali pertama United mengurangi jumlah pilotnya. Selama pandemi, maskapai penerbangan mengeluarkan puluhan ribu pembayaran dan pembelian sukarela karena kurangnya pesawat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link