October 22, 2024
Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

JAKARTA – Profil pelajar Pancasila serta makna dan manfaat keenam unsur tersebut dijelaskan dalam artikel ini. Informasi tersebut perlu diketahui oleh pelajar Indonesia agar visi dan tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat tercapai.

Baca juga: Menjaga Persatuan dan Hidup dalam Pancasila

Profil pelajar Pancasila tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024.

Baca juga: Apakah Pancasila Masih Menjadi Rujukan Kebijakan Publik?

Pada dasarnya pelajar Pancasila adalah tipe pelajar Indonesia yang mampu mewakili potensi dunia dengan bertindak dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

BACA JUGA: Intervensi Perdana Menteri Dinilai Melawan Pancasila

Pelajar Pancasila memiliki enam keutamaan atau sifat: takut akan Tuhan, keberagaman dunia, persatuan, keterbukaan, kreativitas, dan kritik. Berikut penjelasan keenam fitur tersebut.

Enam Unsur Pancasila Pelajar Dua 1. Percaya dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pelajar Pancasila diharapkan memahami ajaran dan keyakinan agamanya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang menjadi landasan untuk mengembangkan sikap baik dalam hubungan kita dengan Tuhan dan sesama.

BACA JUGA: Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Perkuat Status Siswa Pancasila

2. Keberagaman global

Elemen dan inti dari keberagaman internasional meliputi kesadaran dan apresiasi budaya, keterampilan komunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain, serta refleksi dan tanggung jawab terhadap berbagai jenis pertunjukan.

3. Kerja Sama

Pelajar Indonesia diharapkan dapat secara sukarela mengerjakan tugas bersama-sama untuk memastikan kegiatan berjalan lancar, mudah dan tanpa susah payah. Unsur kerjasama adalah kerja sama, pertimbangan, dan berbagi.

4. Kemerdekaan

Siswa harus mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang diperoleh. Aspek penting dari kemandirian mencakup kesadaran diri, kesadaran situasional, dan pengendalian diri.

5. Ini penting

Yang penting di sini adalah kemampuan cerdas mengolah informasi kualitatif dan kuantitatif, membangun hubungan antar informasi yang berbeda, menganalisis informasi, menganalisis dan menarik kesimpulan.

6. Kreativitas

Elemen kunci kreativitas mencakup menghasilkan ide orisinal, karya orisinal, dan tindakan.

Untuk mewujudkan profil siswa Pancasila di pendidikan dasar, Jurusan Sekolah Dasar telah meluncurkan gerakan dan buku Tunas Pancasila.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link