October 22, 2024
Kemenkes Bakal Panggil RSCM Bahas Kasus 60 Gagal Ginjal Anak

Kemenkes Bakal Panggil RSCM Bahas Kasus 60 Gagal Ginjal Anak

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (COMEX) segera menghubungi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dalam pertemuan ini, temuan kasus 60 anak penderita gagal ginjal dibahas dan diselidiki.

“Saya akan telepon teman-teman RSCM, yang saya dengar saat ini berbeda dengan gagal ginjal sebelumnya,” kata Menteri Kesehatan (MENX) Bodi Gunadi Sadikin di Puskesmas Tibet, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2024). ). ) )

Bodhi mengatakan: Staf Puskesmas melakukan skrining ekstensif mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dan akhirnya temuan ini dicatat. Namun, dia menyatakan syuting kasus ini sudah berlangsung lama.

“Di Puskesmas dilakukan 200 juta pemeriksaan terhadap lebih dari 60 juta orang, terlihat banyak anak yang gula darahnya tinggi,” ujarnya.

Ia mencontohkan, jika ternyata seorang anak memiliki gula darah tinggi, maka ia menderita diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus, salah satunya adalah rujukan ke RSCM. Dia berkata: “Jadi jumlah orang di rumah sakit tidak bertambah karena kejadian yang sangat mendadak, tapi karena tidak didiagnosis lebih awal.”

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para penderita gagal ginjal untuk mengetahui lebih lanjut penyakitnya melalui pemeriksaan di rumah sakit agar pengobatan dapat dilakukan dengan cepat. Masyarakat juga diminta mengurangi konsumsi makanan manis dan minuman mengandung gula yang dapat menyebabkan stroke, gagal ginjal, bahkan penyakit mata.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan ada sekitar 60 anak yang dirawat karena gagal ginjal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSCM) Cipto Mangunkusumo. Pemprov DKI menyediakan tujuh subspesialisasi nefrologi anak untuk menangani anak penderita gagal ginjal.

Ketujuh orang tersebut antara lain empat orang yang bekerja di RS Cipto Mangunkusumo, dua orang di RS Anak Bunda Harapan Kita, dan satu orang di RS Pantai Indah Kapuk.

Gagal ginjal pada anak dapat ditangani dengan terapi cuci darah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link