October 22, 2024
3 Varian Samyang Ditarik dari Denmark, Produsen Mi Instan Asal Korea Itu Angkat Bicara

3 Varian Samyang Ditarik dari Denmark, Produsen Mi Instan Asal Korea Itu Angkat Bicara

0 0
Read Time:1 Minute, 50 Second

harfam.co.id, Jakarta, Produsen mie instan asal Korea Selatan, Samyang Foods, memahami alasan Denmark menarik tiga jenis produknya dari pasar di salah satu negara Skandinavia.

Otoritas Pangan Denmark menyebut Buldak Samyang 3x Spicy Hot Chicken, Buldak Samyang 2x Spicy Hot Chicken, dan Buldak Samyang Hot Chicken Stew dinilai terlalu pedas dan berisiko menimbulkan masalah. Oleh karena itu Denmark telah meminta toko-tokonya untuk menariknya dari rak.

Samyang Foods mengatakan ini adalah pertama kalinya mi instannya ditarik kembali karena terlalu pedas.

“Saat ini produk tersebut diekspor ke banyak negara, namun baru pertama kali ditarik kembali karena alasan tersebut (terlalu pedas),” kata juru bicara Samyang Foods seperti dikutip The Guardian.

Perusahaan yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, akan mempelajari lebih lanjut peraturan pangan Denmark.

“Kami akan meninjau peraturan negara secara hati-hati dalam menanggapi penarikan ini,” kata perusahaan itu mengutip AP. Mengapa Denmark Menarik Kembali 3 Varietas Mie Instan Samyang

Badan Pemeriksa Makanan mengatakan produk tersebut mengandung terlalu banyak capsaicin. Capsaicin adalah bahan aktif dalam cabai yang membuatnya pedas.  Lalu ada ancaman terhadap kesehatan.

Belum lagi anak-anak dan remaja di Denmark saling menantang untuk menyantap semangkuk kuah mie kental mengacu pada ketiga produk Samyang tersebut.

“Mie yang dipasarkan sudah tidak bisa lagi dijual karena konsumen, terutama anak-anak, berisiko mengalami keracunan akut,” tulis Otoritas Pangan Denmark pada Selasa, 11 Juni 2024.

“Kandungan capsaicinnya sangat tinggi sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan,” tulis badan tersebut.

Hendrik Dammand Nielsen dari Otoritas Pangan Denmark mengatakan anak-anak dan orang tua rentan mengalami masalah jika mengonsumsi makanan terlalu pedas. Anda mungkin mengalami rasa terbakar, tidak nyaman, mual, muntah, dan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, kami meminta toko-toko untuk mengeluarkan produk tersebut dari rak, kata agensi tersebut.

Ia juga meminta warga Denmark yang membeli ketiga varian Samyang tersebut untuk mengembalikannya ke toko atau tidak mengonsumsi produk tersebut. 

Badan Pengawasan Makanan di Denmark dihubungi oleh seorang warga yang bingung dan bertanya bagaimana mie instan bisa dilegalkan.

Kemudian pihak lembaga meminta laboratorium untuk mengevaluasi produk Samyang tersebut. Alhasil, ketiga jenis mie instan ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, tiga jenis Samyang ekstra pedas telah ditarik dari pasaran.

“Penting bagi orang tua untuk mewaspadai dan menghindari jenis mie yang ekstrim,” kata Dammand Nielsen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link