October 22, 2024
Apple Intelligence Milik iPhone 16 Belum Bisa Diakses di Tiongkok dan Eropa, Kenapa?

Apple Intelligence Milik iPhone 16 Belum Bisa Diakses di Tiongkok dan Eropa, Kenapa?

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

harfam.co.id, Jakarta – Mulai bulan depan, Apple akan memperkenalkan fitur berbasis kecerdasan buatan, Apple Intelligence, dalam versi beta dengan pembaruan iOS 18.1. Sayangnya, tidak semua orang bisa langsung menikmatinya

Dikutip China, Sabtu (14/9/2024), pengguna iPhone di Uni Eropa (UE) dan China harus sabar menunggu untuk bisa mengakses fitur kecerdasan buatan tersebut. 

Hal ini karena terdapat masalah hukum dan peraturan yang menunda kedatangan fitur tersebut di Eropa dan Tiongkok.

Fitur AI Baru di iOS 18.1, Yang Perlu Anda Ketahui?

IPhone mana yang memiliki Apple Intelligence? Sayangnya tidak semua iPhone memiliki akses Apple Intelligence. Pasalnya, fitur ini memerlukan spesifikasi hardware khusus, misalnya RAM dan NPU berperforma tinggi. 

Asal tahu saja, hanya model tertentu yang dilengkapi dengan informasi perangkat keras yang dibutuhkan Apple Intelligence, seperti: iPhone Lama: Hanya model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang bisa mengakses Apple Intelligence. IPhone Baru: Semua model seri iPhone 16 (iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, 16 Pro Max).

Anda harus meningkatkan ke iOS 18.1, memiliki penyimpanan gratis sebesar 4 GB, dan memastikan bahasa Siri didukung.

Hambatan bahasa dan regional

Awalnya, Apple Intelligence hanya mendukung bahasa Inggris versi AS. Jenis bahasa Inggris lainnya akan menyusul pada bulan Desember 2025, bahasa lain seperti Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol akan ditambahkan ke dukungan bahasa kecerdasan buatan Apple.

Namun, pengguna di Uni Eropa dan Tiongkok menghadapi pembatasan yang ketat, misalnya di UE, Intelijen Apple tidak dapat digunakan jika ID Apple Anda tertaut ke negara di Uni Eropa. 

Atau jika pengguna berada di Uni Eropa, meskipun iPhone dan Siri Anda disetel ke bahasa yang didukung. Jadi, jika ingin menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan perjalanan ke luar Uni Eropa.

Di Tiongkok, peraturannya bahkan lebih ketat. Apple Intelligence tidak akan tersedia di iPhone yang dibeli di Tiongkok atau jika ID Apple Anda tertaut ke negara tersebut. Selain itu, fitur ini tidak akan tersedia jika pengguna berada di Tiongkok

 

Kiat untuk pengguna UE

Beberapa pengguna beta di UE telah berhasil menggunakan Apple Intelligence dengan mengubah wilayah ID Apple ke negara yang didukung, misalnya Amerika Serikat. Namun, strategi ini memiliki kelemahan: Anda harus menarik saldo iTunes Anda Membatalkan semua langganan Apple, seperti iCloud atau Apple Music Masukkan alamat palsu di AS, yang mungkin tidak cocok dengan metode pembayaran Anda Kehilangan akses ke semua aplikasi dan pembelian di Aplikasi UE Store, dan harus me-restart App Store AS.

Mengapa fitur ini tertunda di Uni Eropa dan Tiongkok?

Seperti dilansir CNBC, penundaan tersebut disebabkan masalah regulasi dan privasi data. Di Uni Eropa, Apple harus mematuhi Digital Markets Act (DMA) yang mengatur persaingan sehat dan transparansi, terutama terkait privasi data pengguna.

Apple bekerja sama dengan regulator UE untuk memastikan bahwa Apple Intelligence mematuhi aturan ini sebelum diluncurkan.

Tantangan di Tiongkok saat ini berbeda. Apple yang selalu bersikeras melindungi privasi pengguna harus berhadapan dengan undang-undang privasi data yang ketat di Tiongkok sehingga menunda peluncuran fitur tersebut.

 

Fitur Apa yang Ditawarkan Apple Intelligence?

Jika tersedia, Apple Intelligence akan memperkenalkan berbagai fitur AI canggih, seperti: Smart Writing Tool: Saran penulisan cerdas di berbagai aplikasi. Pembersihan Foto: Pengorganisasian otomatis dan pembersihan foto Kenangan Film: Gambar video terbaik dari koleksi foto Anda Pencarian Bahasa Alami: Pencarian canggih untuk foto dengan bahasa alami Ringkasan pemberitahuan: Ringkasan pemberitahuan untuk mengurangi gangguan Balasan Cerdas: Balasan otomatis ke email dan pesan Peningkatan Siri: Suara Siri yang natural, kontrol permintaan yang lebih baik, dan kemampuan mengetik Siri

Kapan fitur ini tersedia di UE?

Meskipun penundaan ini membuat pengguna di Uni Eropa dan Tiongkok frustrasi, Apple kini mematuhi peraturan untuk memastikan semuanya kompatibel. 

Setelah masalah ini teratasi, Apple Intelligence akan memperkenalkannya ke Uni Eropa, meski hal itu belum ditentukan.

Fitur AI baru di iOS 18.1 ini menjanjikan penggunaan iPhone menjadi intuitif dan efisien. Namun karena masalah regulasi, pengguna di UEA dan Tiongkok harus lebih bersabar.

Sesampainya di sana, Apple Intelligence akan membantu Anda membuat segalanya lebih mudah dan cerdas!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link