October 22, 2024
Trik Kurangi Munculnya Uban dengan 1 Bahan Masak, Tak Perlu Semir Rutin

Trik Kurangi Munculnya Uban dengan 1 Bahan Masak, Tak Perlu Semir Rutin

0 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

harfam.co.id, Jakarta Wajar jika rambut Anda terlihat beruban seiring bertambahnya usia. Namun kenyataannya beberapa uban bisa muncul lebih cepat pada usia yang relatif muda. Dampaknya, bisa menurunkan rasa percaya diri.

Untuk meminimalisir munculnya uban, Anda bisa mencoba tips meracik sampo dari pengguna Instagram @sararevuelta ini. Campuran sampo yang mengandung bahan-bahan alami dengan harga terjangkau ini mencegah tumbuhnya uban.

Berikut keterangan lengkapnya, dilansir Rabu (15/5/2024).

Dalam video singkatnya yang diunggah ke Instagram, @sararevuelta menggunakan bawang bombay, bahan masakan sederhana yang hampir selalu bisa ditemukan di dapur. Ini semua bahannya: Teh celup, Kopi, Bubuk Bawang, Shampo

Pertama, seduh teh celup dan kopi bubuk. Minum teh membantu melembutkan dan menumbuhkan rambut, serta menambah kilau. Sedangkan kopi mencegah rambut rontok.

Kedua, tumis bawang bombay hingga empuk. Penggunaan bawang merah berperan sebagai komponen alami untuk mencegah munculnya uban. Selain itu, bawang bombay juga bersifat anti bakteri sehingga dapat menyehatkan kulit kepala dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh dengan cepat. 

Ketiga, siapkan botol bersih dan campurkan sampo dengan bawang bombay cincang.

Terakhir, tambahkan air teh dan kopi. Lalu kocok hingga semua bahan tercampur rata. Anda juga bisa menggunakan sampo anti uban. 

Gunakan sampo anti rambut putih ini secara teratur seperti yang Anda lakukan pada sampo biasa. Untuk hasil terbaik, pijat ke kulit kepala selama 5 menit sambil mencuci rambut, lalu bilas dengan air.

Ketika rambut beruban, maka akan menjadi hitam kembali hanya ketika uban tersebut rontok dan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh dari akar yang sama. Meski uban berubah menjadi hitam akibat proses penuaan alami, uban bisa muncul kembali.

Jika uban disebabkan oleh faktor genetik, maka uban tidak bisa dicegah. Namun, jika uban disebabkan oleh masalah kesehatan, ada kemungkinan rambut akan kembali ke warna aslinya jika kondisi yang mendasarinya ditangani dengan baik.

Secara umum, belum ditemukan produk yang dapat mencegah atau menghilangkan uban secara total. Oleh karena itu, efektivitas penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi uban belum terbukti. Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa penggunaan minyak kayu putih membantu menghilangkan uban.

Manfaat minyak lampu lainnya adalah mencegah tumbuhnya uban. Selain itu, rambut yang terlihat kusam dan kehilangan kilaunya juga bisa diatasi dengan minyak kemiri. Disarankan juga untuk menggunakan minyak ini untuk rambut beruban yang disebabkan oleh proses penuaan pada kulit kepala.

Ternyata, uban bukan hanya disebabkan oleh penuaan. Stres yang Anda alami bisa mempercepat munculnya uban. Saat Anda merasa stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang memengaruhi seluruh sistem saraf, termasuk folikel rambut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link