October 22, 2024
Melihat Perakitan hingga Uji Ketahanan Ekstrem HP Realme di China

Melihat Perakitan hingga Uji Ketahanan Ekstrem HP Realme di China

0 0
Read Time:3 Minute, 9 Second

harfam.co.id, Dongguan – Realme baru saja menggelar realme Cool Tech Tour pada 13-15 Agustus 2024. Kegiatan ini dihadiri banyak penggemar realme dari berbagai negara dan perwakilan media global.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi pabrik di Dongguan, China yang memproduksi salah satu seri smartphone Realme pada 15 Agustus 2024. 

Dalam kunjungan tersebut, beberapa penggemar realme dan media berkesempatan melihat bagaimana proses produksi smartphone melalui proses panjang hingga menghasilkan produk terbaik bagi konsumen di salah satu pabrik realme di China.

Beberapa penggemar Realme dan media berkesempatan melihat bagaimana proses perakitan smartphone Realme melalui beberapa tahapan. Saat memasuki tingkat pertama yaitu konvensi, faktor keamanannya sangat ketat, bahkan pengunjung harus mengenakan pakaian dan sepatu khusus.

Pada tahap pertama, para penggemar realme dan media diajak untuk mempelajari proses perakitan smartphone realme, salah satu seri yang dijual di Tiongkok. Dalam proses perakitannya, terdapat jalur dimana smartphone melalui lebih dari 20 proses hingga menjadi sebuah ponsel tunggal.

Setelah melihat proses perakitan, kami juga berkesempatan melihat Realibility Lab. Lab keandalan ini secara rutin memeriksa perangkat smartphone dari awal hingga menjadi produk besar. Hal ini untuk memastikan konfigurasi perangkat dan kontrol kualitas.

Uji laboratorium ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap, antara lain uji kinerja kelistrikan, uji struktur, uji penuaan lingkungan, uji perubahan untuk kondisi lingkungan yang berbeda.

Ada lebih dari 10 tes wajah asli yang harus dilalui. Tes ini tidak berlaku untuk semua perangkat, namun ada beberapa perangkat yang representatif untuk menguji ponsel Realme.

Berikut beberapa pengujian yang disetujui, antara lain:

Tes struktural:

Micro Drop Test untuk menguji perangkat HP saat “dijatuhkan” di tempat tidur dan meja

Tes Klik Tombol:

Pengujian ini bertujuan untuk menguji tombol power dan volume yang sering digunakan perangkat. Pengujiannya menyentuh setiap tombol samping sebanyak 100.000 kali dengan kekuatan 1 kg dan menyentuh tombol sidik jari sebanyak 1 juta kali. Dalam proses ini, tombol-tombol harus nyaman saat disentuh, fungsional dan utuh.

 

 

Tes jatuh:

Tes ini melibatkan mengangkat telepon ke ketinggian tertentu dan membiarkannya jatuh bebas ke lempengan marmer.

Tes tikungan USB:

Pengujian ini bertujuan untuk menguji keandalan antarmuka USB

Tes koneksi USB:

Pengujian ini menyimulasikan situasi di mana pengguna menyambungkan dan memutus sambungan USB secara berkala saat perangkat sedang diisi dayanya dan musik diputar.

 

 

Uji Torsi:

Pengguna dapat menghidupkan ponsel saat sedang digunakan.

Tes stres santai:

Tes ini mensimulasikan situasi di mana ponsel di saku pengguna tersangkut saat ia membungkuk dan duduk.

 

 

Tekan uji seluruh perangkat:

Tes ini mensimulasikan situasi di mana pengguna secara tidak sengaja menekan ponsel yang sedang digunakan, termasuk terhadap benda kecil.

Tes jatuh:

Menguji perangkat dalam jarak 1m. Letakkan ponsel di dalam cangkir dan putar sebanyak 150 kali dengan kecepatan putaran 8 hingga 10 putaran.

Pengujian perangkat seluler ini untuk pengujian saat ponsel berada di lingkungan berbeda untuk penggunaan sehari-hari pada suhu hingga minus 85 derajat Celcius hingga minus 50 derajat Celcius.

Tes air:

Hal ini bertujuan untuk menguji performa smartphone dalam hal ketahanan terhadap air. Tes ini mensimulasikan proses penggunaan perangkat di dalam air dan mengeluarkannya dari air.

Tes semprotan garam:

Tes ini mensimulasikan di tempat yang udaranya lembab dan banyak mengandung garam.

 

Pekerjaan lingkungan:

Perangkat yang disimpan pada suhu standar yang ditentukan harus berfungsi dan indeks RF harus memenuhi standar.

Tes keringat:

Pengujian ini mensimulasikan situasi dimana keringat pengguna dapat mempengaruhi fungsi dan struktur perangkat yang digunakan.

Tes kosmetik:

Warna permukaan perangkat atau casing dapat mempengaruhi kosmetik yang digunakan sehari-hari.

Uji penuaan suhu tinggi dan rendah:

Pengujian ini untuk memeriksa apakah fungsi handset gagal ketika handset dioperasikan terus menerus dalam waktu lama pada suhu tinggi dan rendah.

Suhu penyimpanan:

Uji perangkat pada suhu 75 derajat Celcius, -40 derajat Celcius, 65 derajat Celcius dan thermal shock tanpa 40 derajat Celcius dan 75 derajat Celcius.

Realme juga memiliki ruang lab pencitraan. Di lab pencitraan, robot juga mengambil gambar berbagai ruangan yang dibuat di lab pencitraan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link