October 22, 2024
Selain Sentinel, Ini 3 Suku Primitif yang Masih Ada di Dunia

Selain Sentinel, Ini 3 Suku Primitif yang Masih Ada di Dunia

0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

JAKARTA – Di era teknologi modern dan maju ini, faktanya masih banyak masyarakat primitif di dunia. Mereka tinggal di daerah yang berbeda dan mengikuti tradisi dan gaya hidup mereka sendiri.

Di antara suku primitif yang masih ada di dunia, yang paling terkenal adalah suku Sentinel di Kepulauan Andaman yang terletak di antara Myanmar dan India. Keberadaan mereka terungkap secara luas setelah tsunami melanda wilayah tersebut pada tahun 2004.

Pemerintah India juga berinisiatif membuka saluran komunikasi dan memberikan bantuan. Namun ketika helikopter Angkatan Laut India mencoba menjatuhkan perbekalan logistik, dianggap sebagai ancaman dan mendapat peringatan dari salah satu suku yang menembak helikopter tersebut dengan tombak. Suku ini pada akhirnya ditetapkan sebagai komunitas berbahaya dan harus disingkirkan. Orang asing juga dilarang memasuki kawasan tersebut.

Pada 21 November 2018, BBC melaporkan bahwa seorang pria Amerika dibunuh oleh suku yang terancam punah di Kepulauan Andaman dan Nikobar, India. Nama pria berusia 27 tahun tersebut adalah John Allen Chow, yang berasal dari negara bagian Alabama. Misi sebenarnya Chou adalah menyebarkan agama Kristen di antara suku-suku ini, namun dia kehilangan nyawanya dalam menjalankan misinya.

Selain Suku Sentinel, masih banyak suku primitif lain yang masih eksis di dunia yang menarik untuk diketahui. Kamis (11/9/2024) Ulasan ini dikutip dari berbagai sumber:

1. Suku Korowai (Papua, Indonesia)

Suku Korowai tinggal di hutan terpencil di barat daya Papua. Mereka terkenal tinggal di rumah pohon yang dibangun di atas tanah di atas tiang kayu atau langsung di puncak pohon.

Alasan mereka tinggal di rumah pohon karena sedikit nyamuk dan ular serta memberikan perlindungan dari serangan musuh. Namun alasan utamanya adalah untuk mengusir hantu yang dikabarkan berkeliaran di hutan pada malam hari.

Laporan dari Papua Explorer, Rumah Pohon Korowai dibangun hanya dengan menggunakan material hutan. Tidak ada alat modern yang digunakan – tidak ada palu, tidak ada ukuran, tidak ada paku. Gedung tertingginya bisa mencapai ketinggian hingga 40 meter. Untuk kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, suku Korowai membangun rumah yang tingginya antara 3 hingga 10 meter di atas permukaan tanah.

Suku Korowai pertama kali melakukan kontak dengan dunia luar pada akhir tahun 1970-an. Kontak ini awalnya sangat terbatas sehingga suku Korowai bisa dikatakan hampir tidak tersentuh oleh dunia luar hingga tahun 1990-an.

Saat ini, sebagian besar suku asli Korowai tinggal di desa-desa di sepanjang dua sungai utama di sebelah barat dan timur wilayah Korowai. Kehidupan di sana sangat sederhana dan sebagian besar suku Korowai mandiri. Namun, di desa mereka mempunyai akses terhadap persediaan makanan modern yang sederhana (terutama beras, gula dan kopi) dan obat-obatan. Hasilnya, desa-desa ini menarik dan menarik lebih banyak suku Korowai keluar dari hutan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link